MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE STAD DI KELAS V SD NEGERI 122SAYUR MAINCAT TAHUN AJARAN 2011/2012

Muhajir, Muhammad (2012) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE STAD DI KELAS V SD NEGERI 122SAYUR MAINCAT TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 108313213 COVER.pdf]
Preview
Text
108313213 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 108313213 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
108313213 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 108313213 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
108313213 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 108313213 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
108313213 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 108313213 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
108313213 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 108313213 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
108313213 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 108313213 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
108313213 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 108313213 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
108313213 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 108313213 BAB I.pdf]
Preview
Text
108313213 BAB I.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of 108313213 BAB V.pdf]
Preview
Text
108313213 BAB V.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 108313213 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
108313213 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 108313213 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
108313213 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah siswa kurang termotivasi pada proses belajar, siswa kurang mampu menentukan Unsur cerita pendek, dan menjelaskan materi tentang unsur cerita pendek guru kurang mengarahkan siswa dalam mendengarkan penjelasan yang disampaikan.Selanjutnya yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode STAD di kelas V SD Negeri 122 Sayur Maincat. Metode pembelajaran yang diupayakan untuk menggunakan metode STAD. Dalam hal ini metode STAD dapat membantu siswa lebih aktif dan melatih siswa untuk memberikan pendapat pada waktu proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 122 Sayur Maincat yang berjumlah 27 orang siswa. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi dan angket. Tahapan penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan II siklus. Pada siklus I pertemuan I minat belajar siswa masih tergolong rendah dengan rata-rata 37,07%, sedangkan pada pertemuan II juga masih tergolong rendah dengan rata-rata 53,04% dan rata-rata angket 66%. Berdasarkan kesimpulan sementara bahwa minat belajar siswa belum meningkat, sehingga perlu perbaikan dan pengembangan pembelajaran yang lebih jelas pada siklus II. Ternyata setelah melakukan metode pembelajaran STAD minat belajar siswa meningkat. Hasil observasi minat belajar siswa pada siklus II pertemuan I sudah tergolong cukup dengan rata-rata 75,92%, sedangkan pada pertemuan II sudah meningkat menjadi sangat baik dengan rata-rata 89,54% dan rata-rata angket 82,7%. Hasil observasi guru pada siklus I pertemuan I masih tergolong rendah dengan rata-rata 66,66%, dan pada pertemuan II masih tergolong cukup dengan rata-rata 73,33%. Untuk itu guru masih perlu melaksanakan perbaikan ternyata pada siklus II pertemuan I meningkat menjadi 83,33% dan pada pertemuan II pembelajaran guru menjadi baik dengan rata-rata 93,33%. Dengan demikian, penggunaan metode pembelajaran STAD terbukti dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 122 Sayur Maincat. Dan disarankan metode pembelajaran ini digunakan pada mata pelajaran selain bahasa Indonesia untuk meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.2 Muh m
Keywords: minat belajar; bahasa indonesia; metode STAD
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 29 Jul 2016 02:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7080

Actions (login required)

View Item
View Item