PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN MEMUKUL SPIKE KE DINDING DENGAN LATIHAN PUKULAN SPIKE KE ARAH SUDUT TERHADAP PENINGKATAN HASIL SMASH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN MEDAN ESTATE TAHUN 2016.

Nasution, Milhanuddin (2016) PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN MEMUKUL SPIKE KE DINDING DENGAN LATIHAN PUKULAN SPIKE KE ARAH SUDUT TERHADAP PENINGKATAN HASIL SMASH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN MEDAN ESTATE TAHUN 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 6103321084 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 6103321084 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 6103321084 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 6103321084 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 6103321084 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 6103321084 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 6103321084 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 6103321084 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 6103321084 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 6103321084 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 6103321084 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 6103321084 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 6103321084 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 6103321084 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 6103321084 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 6103321084 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 6103321084 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 6103321084 BAB I.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 6103321084 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 6103321084 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview

Abstract

Smash merupakan hal terpenting dalam permainan bola voli. Adapun cara meningkatkan smash dengan beberapa bentuk latihan yang telah dilakukan dengan latihan Memukul Spike Ke Dinding dan Pukulan Spike Ke Arah Sudut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latihan apakah yang lebih berpengaruh antara latihan Memukul Spike Ke Dinding dan latihan Pukulan Spike Ke Arah Sudut terhadap hasil peningkatan smash siswa putra estrakurikuler bola voli SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Medan Estate Tahun 2016. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode experiment. Dengan pelaksanaan latihan yaitu Memukul Spike Ke Dinding dan Pukulan Spike Ke Arah Sudut.
Metode penelitian ini adalah eksperimen. Populasi adalah seluruh peserta ekstrakurikuler Bola Voli SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Medan Estate yang berjumlah18 orang. Jumlah sampel 16 orang diperoleh dengan teknik purpposive random sampling. selanjutnya dibagi menjadi dua kelompok dengan teknik Matching Pairing yaitu kelompok latihan Memukul Spike Ke Dinding dan kelompok Pukulan Spike Ke Arah Sudut.Instrumen penelitian untuk pengumpulan data dengan test dan pengukuran adalah test skor yang dilapangan test untuk hasil smash bola voli. Penelitian dilaksanakan selama 18 x pertemuan dengan latihan 3 (tiga) kali dalam seminggu. Untuk melihat pengaruh masing-masing variabel bebas maupun terikat digunakan perhitungan uji – t berpasangan dan uji – t tidak berpasangan .
Analisis hipotes I dari data pre-test dan data post- test hasil smash kelompok latihan memukul spike ke dinding diperoleh t hitung sebesar 3,76 serta t tabel 2,36 dengan = 0,05 (t hitung > t tabel ) berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kesimpulan, latihan memukul spike ke dinding secara signifikan berpengaruh terhadap peningkatan hasil smash dalam permainan bola voli pada Siswa Putra Ekstrakurikuler Bola Voli SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Medan Estate 2016.
Analisis hipotesis II dari data pre-testdan data post- test kelompok pukulan spike ke arah sudut terhadap hasil smash diperoleh t hitung sebesar 3,02 serta t table sebesar 2,36 dengan = 0,05 (t hitung> t tabel) berarti Ho ditolak dengan Ha diterima. Jadi, latihan pukulan spike ke arah sudut secara signifikan berpengaruh terhadap peningkatan hasil smash dalam permainan bola voli pada Siswa Putra Ekstrakurikuler Bola Voli SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Medan Estate 2016.
Analisis hipotesis ketiga dari rata-rata dan simpangan baku diperoleh t hitung sebesar 0,07 serta t tabel 2,14 dengan = 0,05 (t hitung < t tabel ) berarti Ho diterima dan Ha ditolak. Jadi, latihan memukul spike ke dinding tidak lebih besar pengaruhnya daripada latihan pukulan spike ke arah sudut terhadap peningkatan hasil smash dalam permainan bola voli pada Siswa Putra Ekstrakurikuler Bola Voli SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Medan Estate 2016.
Dari hasil pengujian hipotesis dapat di simpulkan. Latihan Memukul Spike Ke Dinding memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil smash dalam permainan bola voli pada Siswa Putra Ekstrakurikuler bola voli SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Medan Estate Tahun 2016.
Latihan Pukulan Spike Ke Arah Sudut memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil smash dalam permainan bola volipada Siswa Ekstrakurikuler bola voli SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Medan Estate Tahun 2016.
Latihan Memukul Spike Ke Dinding tidak lebih besar pengaruhnya dari pada latihan Memukul Spike Ke Arah Sudut terhadap peningkatan hasil smash dalam permainan bola voli pada Siswa Putra Ekstrakurikuler bola voli SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Medan Estate Tahun 2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PKO 047
Uncontrolled Keywords: Bola Voli;Latihan;Teknik
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 27 Jul 2016 04:19
Last Modified: 31 Aug 2016 02:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6929

Actions (login required)

View Item
View Item