MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 157017 PINANGSORI 11 T.A 2012/2013

Manurung, Ronatalia (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 157017 PINANGSORI 11 T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 108313304 COVER.pdf]
Preview
Text
108313304 COVER.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 108313304 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
108313304 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of 108313304 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
108313304 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 108313304 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
108313304 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 108313304 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
108313304 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 108313304 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
108313304 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 108313304 DAFTA LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
108313304 DAFTA LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 108313304 BAB I.pdf]
Preview
Text
108313304 BAB I.pdf - Published Version

Download (561kB) | Preview
[thumbnail of 108313304 BAB V.pdf]
Preview
Text
108313304 BAB V.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of 108313304 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
108313304 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa di kelas IV SD Negeri 157017 Pinangsori 11. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penggunaan teknik pembelajaran make a match dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa menyelesaikan soal operasi hitung perkalian bilangan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 157017 Pinangsori 11 TahunAjaran 2012/2013 yang berjumlah 32 orang siswa terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi.Analisis data dengan menggunakan rumus persentase ketuntasan belajar siswa. Secara individual siswa dikatakan tuntas jika telah memenuhi standar nilai KKM yang telah ditentukan sekolah untuk mata pelajaran Matematika yaitu ≥ 70 dan secara klasikal dikatakan tuntas jika ≥ 80% siswa yang tuntas belajar.Dari hasil pre-testerdapat 8 orang siswa (25%) yang tuntas belajar secara klasikal dengan nilai rata-rata kelas sebesar 46,41. Pada siklus I meningkat menjadi 15 orang siswa(46,88%) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 64,06. Pada siklus II meningkat menjadi 27 orang atau sebesar 84,37% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 81,56 yang berarti setelah dilakukan siklus II siswa secara keseluruhan sudah mencapai standar ketuntasan belajar di atas 80% dan di atas KKM yang ditentukan oleh sekolah yaitu 70.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 157017 Pinangsori 11 T.A 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.2 Man m
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Pembelajaran Make A Match; Pelajaran Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 22 Jul 2016 05:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6465

Actions (login required)

View Item
View Item