PENGGUNAAN METODE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 064015MEDAN TAHUN AJARAN 2012

Sidabutar, Kasmari (2012) PENGGUNAAN METODE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 064015MEDAN TAHUN AJARAN 2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 108113038 COVER.pdf]
Preview
Text
108113038 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 108113038 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
108113038 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (491kB) | Preview
[thumbnail of 108113038 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
108113038 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 108113038 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
108113038 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 108113038 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
108113038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 108113038 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
108113038 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 108113038 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
108113038 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 108113038 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
108113038 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 108113038 BAB I.pdf]
Preview
Text
108113038 BAB I.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 108113038 BAB V.pdf]
Preview
Text
108113038 BAB V.pdf - Published Version

Download (15kB) | Preview
[thumbnail of 108113038 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
108113038 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pembatasan masalah di atasyang menjadi identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah: 1)Hasil belajar siswa rendah karena kurangnya peran aktif siswa dalam proses belajar mengajar 2) Siswa ribut dalam kelas karena metode yang digunakan guru yang tidak bervariasi 3) Siswa tidak memahami penjelasan materi bilangan romawi dari guru 4) Siswa kurang berminat dalam mengikuti pelajaran Matematika pada materi pokok bilangan romawi 5) Pembelajaran hanya berpusat pada guru 6) Guru tidak menggunakan media dalam proses belajar mengajarAdapun tujuan penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pokok Bilangan Romawi Dengan Menggunakan Metode Make a Match di Kelas IV SD Negeri 064015 Medan Tahun Ajaran 2011/2012 ”. Rumusan masalah pada penelitian ini, yaituApakah Setelah Menggunakan Metode Make a Match DapatMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Pokok Bilangan Romawi di Kelas IV SD Negeri 064015 Medan Tahun Ajaran 2011/2012”.Jenis pelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini, Metode make a match sebagai sasaran utama. Penggunaan Metode make a match pada mata pelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok Bilangan Romawi di Kelas IV B SD Negeri 064015 Medan Tahun Ajaran 2011/2012.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVb berjumlah 30 siswa, laki-laki 10 orang dan perempuan 20 orang. Objek formal dengan menggunakan metode Make a Match pada mata pelajaran Matematika di SD Negeri 064015 medan Tahun Ajaran 2011/2012.Dalam penelitian ini pengamatan observasi guru mengalami kenaikan secara signifikan dapat diamati dari hasil pengamatan observasi guru mulai dari pertemuan I sampai dengan pertemuan ke IV. di pertemuan I memperoleh observasi sebesar 57,69% adalah rendah, dipertemuan II diperoleh observasi sebesar 69,23% adalah sedang, di pertemuan III pada siklus ke dua di peroleh hasil observasi guru sebesar 75% adalah tinggi dan pada pertemuan ke IV hasil observasi guru adalah 86,53 % adalah tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil observasi guru dengan menggunakan metode pembelajaran make a match. Pada siklus II observasi penelitian telah mengalami perubahan yang tinggi. Hasil Penelitian pada saat pree test mencapai 10 siswa atau sebesar 33 % yang tuntas dan 20 orang siswa atau sebesar 67 % yang belum mencapai nilai ketuntasan dari 30 orang siswa dengan nilai rata-rata kelas 58,66 % . Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas 19 atau 63,3 % dan 11 orang siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.2 Sid p
Keywords: Metode Make A Match; Hasil Belajar Siswa; Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 22 Jul 2016 04:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6460

Actions (login required)

View Item
View Item