PENELITIAN TINDAKAN BAGI GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

Supriadi, Oding PENELITIAN TINDAKAN BAGI GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. Jurnal Title.

[thumbnail of UNIMED-Article-23819-Oding.pdf]
Preview
Text
UNIMED-Article-23819-Oding.pdf - Published Version

Download (739kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari tulisan ini yaitu menyajikan konsep penelitian tindakan yang dapat dilakukan oleh guru. Penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan salah satu penelitian tindakan. PTK bertujuan untuk memecahkan permasalahan nyata yang terjadi di dalam kelas, dan untuk meningkatkan kegiatan nyata guru dalam pengembangan profesinya. Melalui PTK berbagai persoalan nyata dapat diselesaikan oleh guru guna memperbaiki atau meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelas. Langkah-langkah pokok yang ditempuh dalam pelaksanaan PTK yaitu: a) penetapan fokus permasalahan, b) perencanaan tindakan, c) pelaksanaan tindakan, d) pengumpulan data (pengamatan/ observasi), e) refleksi (analisis, dan interpretasi), dan f) perencanaan tindak lanjut. Melalui pelaksanaan PTK oleh guru, dimungkinakan mutu pendidikan, khususnya mutu pembelajaran lebih meningkat.

Item Type: Article
Keywords: Penelitian Tindakan; Guru; Mutu Pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 28 Mar 2016 02:12
Last Modified: 28 Mar 2016 02:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/642

Actions (login required)

View Item
View Item