PENERAPAN METODE SNOWBALL DRILLING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 023899 BINJAI T. A. 2012 / 2013

Yanti, Nur Putri (2013) PENERAPAN METODE SNOWBALL DRILLING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 023899 BINJAI T. A. 2012 / 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 109111046 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
109111046 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 109111046 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
109111046 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 023899 Binjai, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode snowball drilling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode snowball drilling dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS materi pokok perkembangan teknologi transportasi. Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah Metode yang digunakan kurang bervariasi, Siswa hanya menghapal materi, Siswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran, Pembelajaran sangat membosankan dan Rendahnya hasil belajar IPS yang diperoleh oleh siswa. Tahapan yang dilakukan dari awal sampai selesai adalah dengan melakukan kegiatan awal untuk pertama kalinya. Berdasarkan analisis data, pada tes awal diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 1 orang siswa (4.54%). Setelah pelaksanaan Siklus I, diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 5 orang siswa (22.72 %). selanjutnya pada siklus II, diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar siswa lebih meningkat yaitu sebanyak 19 orang siswa (86.36%). Berdasarkan temuan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode snowball drilling dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS di kelas IV SD negeri 023899 Binjai pada materi pokok perkembangan teknologi transportasi. Setelah melakukan pengamatan terhadap siswa terutama dalam perkembangan afektif dan psikomotornya siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dimana siswa sudah mulai berani bertanya dan maju ke depan kelas. Dan siswa lebih aktif di dalam kelas. Dimana pada siklus I siswa masih canggung dan kurang aktif di dalam kelas. Dan setelah dilakukan pengamatan terjadi perkembangan afektif dan psikomotor yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.83 Yan p
Keywords: Belajar; Metode; Pembelajaran; Snowball Drilling; Pelajaran; IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 26 Jul 2016 08:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6297

Actions (login required)

View Item
View Item