UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PERMAINAN PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SD NEGERI NO.017973 KISARAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Utami, Dian Sriwahyu (2013) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PERMAINAN PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SD NEGERI NO.017973 KISARAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 109311015 COVER.pdf]
Preview
Text
109311015 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 109311015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
109311015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 109311015 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
109311015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 109311015 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
109311015 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 109311015 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
109311015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 109311015 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
109311015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 109311015 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
109311015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 109311015 DAFTAR GRAFIK.pdf]
Preview
Text
109311015 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 109311015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
109311015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 109311015 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
109311015 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 109311015 BAB I.pdf]
Preview
Text
109311015 BAB I.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[thumbnail of 109311015 BAB V.pdf]
Preview
Text
109311015 BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 109311015 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
109311015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keterampilan sosial siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan model permainan pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa siswi kelas IV SD Negeri No.017973 Kisaran. Objek keterampilan sosial siswa, sedangkan tindakan pembelajaran menggunakan model permainan sebagai upaya guru untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa. Prosedur penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ada dua siklus. Yaitu siklus I dan siklus II. Dimana masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi dan observasi. Setiap siklus diadakan pertemuan sebanyak dua kali. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Kuesioner diadakan sebanyak dua kali yaitu pada saat sebelum pelaksanaan siklus I dan setelah pelaksanaan siklus II. Sedangkan observasi diadakan sebanyak empat kali yaitu pada saat pelaksanaan siklus I dan siklus II. Dimana masing-masing siklus diadakan dua kali pertemuan. Berdasarkan data yang ditemukan pada saat sebelum pelaksanaan tindakan siklus I, dari 30 siswa diperoleh tingkat ketuntasan klasikal melalui kuesioner yaitu 8 siswa atau 26,67%, dan sebanyak 22 siswa atau 73,33% mendapat nilai belum tuntas. Pada pelaksanaan siklus I pertemuan I diperoleh rata-rata hasil observasi keterampilan sosial secara klasikal adalah 20,95%, pada saat siklus I pertemuan II diperoleh rata-rata hasil keterampilan sosial secara klasikal sebesar 45%, pada saat siklus II pertemuan III diperoleh rata-rata hasil keterampilan sosial secara klasikal sebesar 66,19%, dan pada saat siklus II pertemuan IV diperoleh rata-rata keterampilan sosial secara klasikal sebesar 87,61%. Setelah diadakan tindakan siklus I dan siklus II, hasil kuesioner menunjukkan tingkat ketuntasan klasikal meningkat menjadi 28 siswa atau 93,33%, dan hanya 2 siswa atau 6,67% yang belum tuntas. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model permainan dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa di kelas IV SD Negeri No.017973 Kisaran T.A 2012/2013. Oleh karena itu, guru perlu menggunakan model permainan di kelas untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.83 Uta u
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Metode Diskusi; Media Puzzle; Jenis Media; Materi Pelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
N Fine Arts > NX Arts in general > NX280 Study and teaching. Research
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 26 Jul 2016 07:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6263

Actions (login required)

View Item
View Item