STUDI TENTANG VARIASI GAYA MENGAJAR GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SD NEGERI SE-KECAMATAN SITIOTIO KABUPATEN SAMOSIR T.A 2015/2016

Tamba, Marhasil (2016) STUDI TENTANG VARIASI GAYA MENGAJAR GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SD NEGERI SE-KECAMATAN SITIOTIO KABUPATEN SAMOSIR T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 1123111049 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 1123111049 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 2. 1123111049 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
2. 1123111049 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (736kB) | Preview
[thumbnail of 3. 1123111049 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. 1123111049 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 4. 1123111049 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. 1123111049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of 5. 1123111049 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. 1123111049 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 6. 1123111049 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. 1123111049 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. 1123111049 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7. 1123111049 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. 1123111049 BAB I.pdf]
Preview
Text
8. 1123111049 BAB I.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[thumbnail of 12. 1123111049 BAB V.pdf]
Preview
Text
12. 1123111049 BAB V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 13. 1123111049 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. 1123111049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview

Abstract

Gaya mengajar guru yang monoton, kurang menerapkan komponen-komponen variasi gaya mengajar, cenderung menggunakan metode ceramah dan tanya jawab dalam setiap proses belajar mengajar sehingga kurang bervariasi mengakibatkan siswa kurang berminat dalam belajar, dan mengakibatkan peran aktif siswa dalam menerima pelajaran guru rendah. Guru kurang menggunakan alat peraga dalam proses belajar mengajar, sehingga siswa tidak tertarik pada materi pelajaran yang diajarkan. Strategi pembelajaran guru yang kurang tepat, tidak sesuai dengan materi yang sedang diajarkan di kelas. Adanya konsep materi tertentu kurang dikuasai guru sehingga menyebabkan siswa mengantuk, ribut dan tidak mendengarkan penjelasan guru.
Guru harus paham dalam mengadakan variasi gaya mengajar dalam pembelajaran agar pembelajaran berjalan dengan baik. Indikator variasi gaya mengajar guru ini adalah penggunaan variasi suara, penggunaan media, pemusatan perhatian siswa, pemberian tugas, melakukan umpan balik, kesenyapan atau kebisuan guru, mengadakan kontak pandang, gerakan badan dan mimik dan pergantian posisi dan gerak guru di dalam kelas.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan secara sitematis, faktual dan akurat suatu fakta dan sifat dari populasi tertentu. Penelitian ini diharapkan dapat menemukan kejelasan dari suatu keadaan/populasi berupa penerapan variasi gaya mengajar guru di dalam pembelajaran di SD Negeri Se-Kec. Sitiotio, Kab. Samosir.
Dari hasil penelitian yang dilakukan terhadap guru-guru yang telah sertifikasi di 7 SD Negeri di Kecamatan Sitiotio yaitu: SD Negeri 2 Sabulan, SD Negeri 3 Buntu Mauli, SD Negeri 5 Cinta Maju, SD Negeri 6 Parsaoran, SD Negeri 11 Tamba Dolok, SD Negeri 13 Parsaoran, dan SD Negeri 15 Buntu Mauli tergolong baik dalam menerapkan variasi gaya mengajar dalam pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PGSD 042
Uncontrolled Keywords: Gaya Mengajar; Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 19 Jul 2016 02:37
Last Modified: 19 Jul 2016 02:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6143

Actions (login required)

View Item
View Item