PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMU STATIKA DAN TEGANGAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 KISARAN

Siswanto, Eko (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMU STATIKA DAN TEGANGAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 KISARAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.5111511003 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM.5111511003 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.5111511003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM.5111511003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.5111511003 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM.5111511003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.5111511003 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM.5111511003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.5111511003 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM.5111511003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM.5111511003 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM.5111511003 TABLE.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM.5111511003 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM.5111511003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM.5111511003 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM.5111511003 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM.5111511003 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM.5111511003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM.5111511003 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM.5111511003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM.5111511003 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM.5111511003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Statika dan Tegangan pada kompetensi dasar Menerapkan besaran skalar, vektor, sistem satuan, dan hukum newton dan besaran vektor untuk memepresentasekan gaya, momen dan kopel di Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Kisaran T.P. 2015/2016 yang berjumlah 35 siswa. Prosedur tindakan dikemas ke dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting).
Data penelitian diambil dari tes hasil belajar siswa, lembar observasi dan lembar kerja siswa (LKS). Hasil uji coba instrumen penelitian dari 30 soal pada siklus I terdapat 25 soal valid, uji tingkat kesukaran terdapat 4 soal mudah, 16 soal sedang dan 5 soal sukar, uji daya pembeda tes didapat 5 soal buruk, 8 soal cukup, 11 soal baik, dan 1 soal baik sekali, uji reliabilitas tes didapat 0,88 (Sangat tinggi). Pada siklus II dari 30 soal diperoleh 25 soal valid, uji tingkat kesukaran terdapat 1 soal mudah, 15 soal sedang dan 9 soal sukar, uji daya pembeda tes didapat 10 soal buruk, 11 soal cukup dan 4 soal baik, uji reliabilitas tes didapat 0,87 (sangat tinggi). Penelitian dikatakan berhasil diukur berdasarkan rata-rata komulatif aktivitas dan hasil belajar siswa memperoleh nilai minimal 75 dan tuntas secara klasikal jika seluruh kelas 100 % siswanya tuntas.
Hasil penelitian menunjukkan perolehan aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 71,61 dengan persentase lulus 28,57 % meningkat pada siklus II dengan rerata kelas mencapai 82,25 dengan persentase lulus 100 %. Hasil Uji t menunjukkan terjadinya peningkatan yang signifikan terhadap aktivitas belajar yakni diperoleh t hitung (11,24) > t tabel (2.054) dengan taraf signifikan 5 %. Selanjutnya hasil belajar siswa, perolehan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 75,66 dengan persentase lulus 65,71 % meningkat pada siklus II menjadi 86,86 dengan persentase 100 %. Hasil Uji t menunjukkan terjadinya peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar yakni diperoleh t hitung (6,80) > t tabel (2.054) dengan taraf signifikan 5 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Ilmu Statika dan Tegangan Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Kisaran T.P. 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 BAN 015
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI); Aktivitas Siswa dan Hasil Belajar;
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 27 Jun 2016 03:08
Last Modified: 27 Jun 2016 03:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5993

Actions (login required)

View Item
View Item