PENGARUH SUASANA AKADEMIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ASING MAHASISWA JURUSAN BAHASA ASING FBS UNIMED

Ghofur, Abd (2008) PENGARUH SUASANA AKADEMIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ASING MAHASISWA JURUSAN BAHASA ASING FBS UNIMED. Jurnal Bahas, 17 (01). ISSN 0852-8535

[thumbnail of Pengaruh suasana akademik terhadap prestasi belajar bahasa asing mahasiswa FBS Unimed.pdf]
Preview
Text
Pengaruh suasana akademik terhadap prestasi belajar bahasa asing mahasiswa FBS Unimed.pdf - Published Version

Download (619kB) | Preview

Abstract

Hal yang sangat penting yang sering diabaikan oleh pengajar dalam kegiatan pembelajaran adalah penciptaan suasana akademik yang berkualitas. Pengajar sering lebih memfokuskan aktivitas pembelajaran pada usaha penyampaian materi pelajaran pada pembelajar (aspek kognitif) dengan mengabaikan faktor suasana akademik (aspek afektif) yang merupakan aspek pendukung utama pencapaian aspek kognitif. Tulisan ini didasarkan pada hasil penelitian terhadap aktivitas pembelajaran di kelas pada Jurusan Bahasa Asing FBS Unimed ditinjau dari segi suasana akademik dan pengaruhnya terhadap hasil belajar bahasa asing mahasiswa. Data dikumpulkan melalui angket yang diberikan pada mahasiswa tentang suasana akademik di kelas dan dibandingkan dengan hasil belajar mahasiswa pada tiap matakuliah kebahasaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin baik suasana akademik di suatu kelas, semakin tinggi pula hasil belajar bahasa mahasiswa.

Item Type: Article
Keywords: Suasana; Akademik; Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 28 Mar 2016 04:03
Last Modified: 27 Oct 2016 02:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/557

Actions (login required)

View Item
View Item