PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA SEKOLAH PEMBAURAN SMA SULTAN ISKANDAR MUDA

Marbun, Riko (2013) PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA SEKOLAH PEMBAURAN SMA SULTAN ISKANDAR MUDA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 0809525018 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
0809525018 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 0809525018 Abstrak.pdf]
Preview
Text
0809525018 Abstrak.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[thumbnail of 0809525018 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
0809525018 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 0809525018 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
0809525018 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 0809525018 Bab I.pdf]
Preview
Text
0809525018 Bab I.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 0809525018 Bab V.pdf]
Preview
Text
0809525018 Bab V.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 0809525018 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
0809525018 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengungkapkan bahwa pendidikan multikultural yang diterapkan padas sekolah pembauran merupakan suatu strategi yang efektif untuk menanamkan sikap penerimaan terhadap perbedaan. Pada akhir kejatuhan rezim Orde Baru kita melihat banyak sekali konflik muncul yang mengedepankan isu-isu perbedaan baik secara etnis, agama, budaya, dan lain-lain. Konflik-konflik tersebut menunjukkan betapa rentannya rasa kebersamaan yang dibangun dalam suatu Negara-Bangsa, betapa kentalnya prasangka antara kelompok dan betapa rendahnya nilai-nilai multikulturalisme.

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pendidikan multikultural pada sekolah pembauran Sultan Iskandar Muda Medan kemudian mengungkapkan strategi dan pendekatan yang dilakukan sekolah pembauran Sultan Iskandar Muda Medan dalam pelaksanaan pendidikan multikultural di sekolah tersebut. Dan mengetahui sikap dan pandangan masyarakat terhadap sistem pendidikan di sekolah tersebut. Dalam mengumpulakn data, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi, wawancara, dan angket.

Dari penelitian ini terungkap sebagai sekolah pembauran dan mengedepankan konsep pendidikan multikultural, Yayasan Pendidikan Sultan Iskandar Muda memiliki cara-cara tersendiri untuk mengimplementasikan konsep pendidikan multikultural. Strategi yang dilakukan adalah dengan mengembangkan design materi, metode, dan kurikulum sebagai suatu pedoman bagi setiap guru untuk mengembangkan RKH dan RPP. Selain itu seleksi terhadap penerimaan siswa-siswi yang dikondisikan memiliki suatu keberagaman etnis dan ini dapat dilihat dari komposisi siswa yang saat ini menjadi warga sekolah tersebut. Selain memiliki keberagaman siswa, Yayasan Pendidikan Sultan Iskandar Muda juga memiliki guru-guru dan staf yang berasal dari etnis, agama, dan ras yang berbeda. Implementasi penghargaan terhadap perbedaan dalam konsep multikulturalisme juga dapat dilihat dari budaya sekolah seperti keberadaan rumah ibadah yang berdampingan dan pemaknaan terhadap filosofi pohon Bisbul dan rumah Tawon. Selain budaya sekolah, terdapat budaya kelas yang memang dikonstruksi pola duduk silang antara siswa yang berbeda etnis yang dilakukan oleh guru sebagai proses saling mengenal dan menghargai satu sama lain. Dan juga strategi pembauran yang lain adalah dengan adanya program anak asuh silang berantai dan subsidi silang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 306.446 071 2 Mar p
Keywords: Pendidikan kebudayaan; Multikultural; Pembaruan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN357 Culture and cultural processes
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Antropologi Sosial
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 27 May 2016 04:09
Last Modified: 27 May 2016 04:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5498

Actions (login required)

View Item
View Item