IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS MASALAH TERINTEGRASI BUKU AJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENUMBUH-KEMBANGKAN KARAKTER SISWA PADA LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

Sartika, Dewi (2015) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS MASALAH TERINTEGRASI BUKU AJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENUMBUH-KEMBANGKAN KARAKTER SISWA PADA LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview

Abstract

Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Masalah Terintegrasi Buku Ajar kimia SMA/MA yang telah dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Apakah Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA yang telah dikembangkan dapat menumbuhkembangkan nilai karakter siswa. (3) Perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif berbasis masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA yang telah dikembangkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif berbasis masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA sekolah. (4) Perbedaan antara peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif berbasis masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA yang telah dikembangkan dengan peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif berbasis masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA sekolah. (5) Hubungan karakter siswa dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif berbasis masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen, dengan sampel sebanyak 2 kelas yang diambil secara purposive sampling pada kelas eksperimen 1 diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Berbasis Masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA yang dikembangkan dan pada kelas eksperimen II diajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Berbasis Masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA Sekolah. Instrumen penelitian menggunakan: (1) tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya beda, tingkat kesukaran dan pengecoh; (2) lembar observasi untuk mengukur karakter siswa. Data berdistribusi normal dan homogen. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan uji- t satu pihak. Data dianalisis menggunakan SPSS 17.0 dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian dan pengujian menunjukkan bahwa Hipotesis ketiga, keempat dan kelima Ha diterima Sig.< α (0,000 < 0,05). Berdasarkan perhitungan diperoleh peningkatan hasil belajar di kelas eksperimen 1 adalah 0,50 atau 50% lebih tinggi dibandingkan peningkatan hasil belajar di kelas eksperimen 2 yaitu 0,37 atau 37 %. Nilai karakter komunikatif, kreatifitas, rasa ingin tahu, tanggung jawab dan toleransi siswa pada kelas yang menggunakan buku ajar kimia yang dikembangkan dalam penelitian ini lebih berkembang dibandingkan karakter siswa pada kelas yang menggunakan buku kimia sekolah

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 541.372 071 2 Sar i
Keywords: Model pembelajaran; Buku ajar; Larutan elektrolit; Pendidikan karakter; Non elektrolit
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 27 May 2016 03:20
Last Modified: 27 May 2016 03:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5487

Actions (login required)

View Item
View Item