PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM TATANAN GROUP INVESTIGATION PADA MATAKULIAH EKOLOGI HEWAN TERHADAP SIKAP SOSIAL, BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA USI PEMATANGSIANTAR

Piliang, Fenny Mustika (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM TATANAN GROUP INVESTIGATION PADA MATAKULIAH EKOLOGI HEWAN TERHADAP SIKAP SOSIAL, BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA USI PEMATANGSIANTAR. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8136174010 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8136174010 COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8136174010 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8136174010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (489kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8136174010 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8136174010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8136174010 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8136174010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8136174010 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8136174010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8136174010 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8136174010 TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8136174010 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8136174010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8136174010 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8136174010 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8136174010 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8136174010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8136174010 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8136174010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8136174010 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8136174010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek dalam tatanan Group Investigation dan konvensional terhadap: (1) Sikap Sosial; (2) Berpikir Tingkat Tinggi; dan (3) Keterampilan Proses Sains Mahasiswa USI Pematangsiantar. Sampel diambil secara total sampling yaitu seluruh mahasiswa semester VI. Jumlah sampel sebanyak 60 orang yang dikelompokkan ke dalam kelompok eksperimen dengan model pembelajaran berbasis proyek dalam tatanan Group Investigation, kelompok eksperimen dengan model pembelajaran Group Investigation, dan kelompok kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar kemampuan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses sains, dan lembar observasi sikap sosial dan keterampilan proses sains mahasiswa. Metode penelitian ini bersifat kuasi eksperimen dengan teknik analisis data menggunakan uji F-ANAKOVA pada taraf signifikan α = 5% dengan bantuan program SPSS 21.0. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Sikap sosial mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis proyek dalam tatanan Group Investigation 83,10 ± 4,52 secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran Group Investigation 69,80 ± 4,56 dan pembelajaran konvensional 63,15 ± 8,20 dengan (Fhitung=57,005 ; P=0,000); (2) Berpikir tingkat tinggi mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis proyek dalam tatanan Group Investigation 88,60 ± 3,73 secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran Group Investigation 81,00 ± 4,01 dan pembelajaran konvensional 74,60 ± 3,58 dengan (Fhitung=67,742; P=0,000); (3) Tes keterampilan proses sains mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis proyek dalam tatanan Group Investigation 87,60 ± 4,28 secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran Group Investigation 81,50 ± 5,77 dan pembelajaran konvensional 70,40 ± 4,01 dengan (Fhitung=63,092; P=0,000). Selanjutnya observasi keterampilan proses sains mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis proyek dalam tatanan Group Investigation 92,85 ± 4,61 secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran Group Investigation 77,80 ± 7,27 dan pembelajaran konvensional 57,25 ± 8,69 dengan (Fhitung=127,856; P=0,000). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek dalam tatanan Group Investigation berpengaruh terhadap sikap sosial, berpikir tingkat tinggi dan keterampilan proses sains mahasiswa USI Pematangsiantar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 591.707 11 Pil p
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Pembelajaran konvensional; Ekologi hewan; Sikap sosial; Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 18 May 2016 08:16
Last Modified: 18 May 2016 08:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5312

Actions (login required)

View Item
View Item