PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TEKS DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS IV MIN MESJID RAYA BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2014/2015

Hanum, Rafidhah (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TEKS DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS IV MIN MESJID RAYA BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2014/2015. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 Cover.pdf]
Preview
Text
1 Cover.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 2 Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2 Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of 3 Abstral.pdf]
Preview
Text
3 Abstral.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 4 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 5 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 6 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 7 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 9 BAB I.pdf]
Preview
Text
9 BAB I.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 13 BAB V.pdf]
Preview
Text
13 BAB V.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 14 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
14 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan :(1) perbedaan kemampuan awal (pre tes) menulis narasi siswa, (2) perbedaan kemampuan menulis narasi siswa (post tes) kelas IV MIN Mesjid Raya Banda Aceh tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakssanakan di MIN Mesjid Raya Banda Aceh pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MIN Mesjid Raya Banda Aceh Tahun Pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian diperoleh dengan teknik sampel populasi yaitu dengan seluruh kelas sebagai sampel penelitian, maka sampel penelitian ini adalah kelas Iv-a yang berjumlah 36 orang dan kelas IV-b yang berjumlah 34 orang sehingga jumlah keseluruhan sampel adalah 70 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen. Sebelumnya dilakukan uji analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan essay test. Kriteria pemberian nilai tes meliputi organisasi tulisan, terdapatnya ciri-ciri narasi dan terdapatnya struktur narasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tidak ada perbedaan hasil belajar menulis narasi siswa yang diajar dengan pembelajaran berbasis teks dengan strategi pembelajaran langsung. Berdasarkan hasil perhitungan uji beda diperoleh bahwa nilai Thitung 0,120 < 1,997, (2) ada perbedaan hasil belajar menulis narasi siswa yang diajar dengan pembelajaran berbasis teks dengan pembelajaran langsung. Berdasarkan hasil perhitungan uji beda diperoleh bahwa nilai Thitung 2,256 > Ttabel 1,997. Hal ini sangat sesuai dengan kerangka berfikir yang telah diuraikan sebelumnya. Berdasarkan hasil analsis selama proses penelitian, peneliti mengamati bahwa setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam memahami satu pelajaran. Berdasarkan perbedaan-perbedaan yang ada, baik seara teoretik maupun yang dibuktikan dengan analisis statistik dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis teks memberi pengaruh yang lebih baik jika dibandingkan dengan strategi pembelajaran langsung terhadap hasil belajar menulis narasi siswa kelas IV di MIN Mesjid Raya Banda Aceh Tahun Pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.623 Han p
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran berbasis teks; Pembelajaran langsung; Kemampuan menulis teks narasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 10 May 2016 18:01
Last Modified: 10 May 2016 18:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5161

Actions (login required)

View Item
View Item