PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM

Prastowo, Puji and Siahaan, Willyana Utari (2014) PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM. In: Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, 23 Aug 2014, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok ekosistem. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Sunggal Tahun Pembelajaran 2013/2014. Sampel dalam penelitian ini adalah 3 kelas, dengan jumlah siswa 109 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah lebih tinggi daripada pengajaran tanpa memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah meskipun hasil analisis statistik menunjukkan tidak ada pengaruh yang signifikan dari pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok ekosistem pada pada a = 0,05, dimana pada kelas yang diajar sepenuhnya di luar kelas diperoleh hasil belajar 71,09 ± 10,54, kelas yang diajar 50% di dalam kelas dan 50% di luaar kelas diperoleh hasil belajar 71,89 ± 9,40, sedangkan pada kelas yang tidak memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah yaitu kelas kontrol diperoleh hasil belajaar 70,7 ± 9,28.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: 570 Sia p
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sekolah; Hasil Belajar; Materi Ekosistem
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 May 2016 07:52
Last Modified: 19 May 2016 07:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4841

Actions (login required)

View Item
View Item