PENGEMBANGAN DISAIN MODEL SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS MANAJEMEN PENDIDIKAN

Ambarita, Biner and Siburian, Paningkat and Purba, Sukarman (2014) PENGEMBANGAN DISAIN MODEL SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS MANAJEMEN PENDIDIKAN. In: Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, 23 Aug 2014, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh model supervisi akademik yang palingbaik meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang efektif danefisien berbasis karakter. Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Tingkat Pertama(SMP) Negeri dan Swasta yang ada di Propinsi Sumatera Utara dengan jangka waktu 3tahun. Penelitian tahap pertama tahun 2013 dilakukan di dua kabupaten/kota yang ada diProvinsi Sumatera Utara, yaitu di Kabupaten Deli Serdang dengan melibatkan 30 orangguru bidang studi bahasa Indonesia yang bertugas pada delapan unit SMP, dan di KotaTebing Tinggi dengan melibatkan tiga puluh orang guru bidang studi bahasa Indonesiayang bertugas pada delapan unit SMP. Penelitian ini termasuk penelitian tindakansekolah (PTS), karena penelitian dilakukan untuk menemukan pengaruh supervisiakademik terhadap kinerja guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jadi, untukmenjaring data kinerja digunakan alat penilaian kemampuan guru, teknik analisis datayang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif untuk mendeskripsikan datavariabel penelitian. Hasil penelitian di Kabupaten Deli Serdang menemukan bahwa padasiklus pertama penerapan supervisi akademik model artistik tidak ada guru yang memilikiskor kinerja dalam kategori baik, dan pada siklus kedua sebanyak 86,67 % guru memilikiskor kinerja dalam kategori baik, sedangkan sisanya sebanyak 13,33 % guru memilki skorkinerja dalam kategori cukup baik. Jadi, penerapan supervisi akademik model artistikdapat digunakan untuk meningkatkan kinerja guru bidang studi bahasa Indonesia di SMPdi Kabupaten Deli Serdang. Hasil penelitian di Kota Tebing Tinggi menemukan bahwapada siklus pertama penerapan supervisi akademik model klinis tidak ada guru yangmemiliki skor kinerja dalam kategori baik, dan pada siklus kedua sebanyak 83,33 % gurumemiliki skor kinerja dalam kategori baik, sedangkan sisanya sebanyak 16,67 gurumemilki skor kinerja dalam kategori cukup baik. Jadi, penerapan supervisi akademikmodel klinis dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja guru bidang studi bahasaIndonesia di SMP di Kota Tebing Tinggi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: 570 Amb p
Keywords: Supervisi Akademik; Kinerja
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 27 May 2016 07:15
Last Modified: 27 May 2016 07:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4815

Actions (login required)

View Item
View Item