PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI BAHAN BELAJAR AUDIO VISUAL KINERJA TES

Arjani, Nur (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI BAHAN BELAJAR AUDIO VISUAL KINERJA TES. In: International Counseling Conference and Work, 13-15 Sep 2014, Medan.

[img] Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena belum efektifnya proses perkuliahan assesmen psikologis teknik non tes di jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Unimed. Hal ini mengakibatkan prestasi belajar mahasiswa tidak maksimal. Tujuan penelitian adalah mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan sebagai bahan analisis untuk memperjelas, member pemahaman tentang fenomena dimaksud dan akan digunakan untuk memprediksi keberhasilan tindakan yaitu pemanfaatan media audio visual untuk meningkatkan prestasi kinerja tes mahasiswa. Metode penelitian tindakan kelas dua siklus dipilih untuk menjawab permaslahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses perkuliahan dapat berlangsung lebih baik dalam hal: dosen dapat memberikan umpan balik kepada setiap orang mahasiswa sebanyak 87%, sudah mendekati target yang ditetapkan (90%). Evaluasi diri dan evaluasi teman sebaya mencapai target (90%). Keaktifan mahasiswa dapat dicapai 100% melebihi target yang ditetapkan. Kekompakan mahasiswa juga dapat dicapai melebihi target (95%). Ketepatan mahasiswa dalam menyerahkan laporan hamper mencapai target (87%). Tingkat capaian prestasi belajar mahasiswa melebihi target yang ditetapkan (95%), sedangkan kinerja tes mahasiswa mencapai target yaitu 80%. Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa bahan belajar audiovisual dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa terutama dalam kinerja tes mereka.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Audiovisual; Mahasiswa; Prestasi Kinerja Tes Mahasiswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 15 Jun 2016 07:33
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4789

Actions (login required)

View Item View Item