PENGEMBANGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF (MEMBANTU SISWA DALAM MEMBIASAKAN BERPIKIR TENTANG PIKIRANNYA)

Fauzi, Kms Muhammad Amin and Sabandar, Jozua (2010) PENGEMBANGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF (MEMBANTU SISWA DALAM MEMBIASAKAN BERPIKIR TENTANG PIKIRANNYA). In: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 27 Nov 2010, Yogyakarta.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (816kB) | Preview

Abstract

Keterampilan berpikir merupakan hal yang penting dalam mengembangkan kemandirian dalam belajar matematika, perlu dilatih dalam difasilitasi pada diri siswa dari jenjang pendidikan dasar sampaiperguruan tinggi. Siswa perlu dibekali keterampilan tersebut bertujuan agar siswa mampu memecahkan permasalahan yang dihadapi di kelas maupun di luar kelas maupun di luar kelas secara mandiri dan berkelanjutan. Dalam mencapai kemandirian belajar tersebut, salah satu upayanya adalah proses pembelajaran dengan pendekatan metakognitif. Metakognitif adalah kesadaran berpikir tentang apa yang diketahui dan apa yang tidak diketahui. Dalam konteks pembelajaran, siswa mengetahui bagaimana merancang memantau, dan mereflesikan proses belajar mereka secara sadar, pada hakikatnya, mereka akan menjadi lebih percaya diri dan lebih mandiri dalam belajar. Kemandirian belajar yang dikembangkan ini adalah bagian dari pengembangan model pembelajaran dengan pendekatan metakognitif melalui tiga tahap yaitu, tahap I diskusi awal, tahap II bekerja secara mandiri dan tahap III reflesi dan kesimpulan. Dengan melalui ketiga tahap ini siswa membentuk kemandirian lanjut dalam belajarnya yang dicirikan dengan siswa menunjukkan inisiatif dalam belajar matematika, siswa mengatur dan mengontrol belajarnya, termotivasi serta berpikir positif terhadap masalah matematika dalam kehidupan sehari-hari

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Kemandirian belajar; Pendekatan metakognitif; Koneksi matematis; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 May 2016 08:48
Last Modified: 24 May 2016 08:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4745

Actions (login required)

View Item
View Item