PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA PELAJARAN DESAIN BUSANA KELAS XI TATA BUSANA SMK NEGERI 10 MEDAN

Dewi, Eka Rahma (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA PELAJARAN DESAIN BUSANA KELAS XI TATA BUSANA SMK NEGERI 10 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM 8136121007 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM 8136121007 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 1. NIM  8136121007 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8136121007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 1.1 NIM  8136121007 ABSTRACT .pdf]
Preview
Text
1.1 NIM 8136121007 ABSTRACT .pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 1.1 NIM  8136121007 PREFACE.pdf]
Preview
Text
1.1 NIM 8136121007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 1.1 NIM  8136121007 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
1.1 NIM 8136121007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 1.2 NIM 8136121007 TABLES.pdf]
Preview
Text
1.2 NIM 8136121007 TABLES.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 1.2. NIM 8136121007 ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
1.2. NIM 8136121007 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 1.22 NIM 8136121007 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
1.22 NIM 8136121007 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of NIM 8136121007 CHAPTER  I.pdf]
Preview
Text
NIM 8136121007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of NIM 8136121007 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
NIM 8136121007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 8136121007 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
NIM. 8136121007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Desain Busana Kelas XI Tata Busana SMK Negeri 10 Medan. Pengembangan Media Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Desain Busana diperoleh melalui observasi dari guru dan siswa SMK Negeri 10 Medan, menyatakan media sangat dibutuhkan dalam pembelajaran
Penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan menurut Borg & Gall yang dipadu dengan model desain pembelajaran Dick dan Carey. Metode penelitian terdiri dari dua tahapan, Tahap I merupakan uji coba produk yang terdiri dari : (1) validasi ahli materi pelajaran, (2) validasi ahli desain pembelajaran, (3) validasi ahli media pembelajaran, (4) uji coba perorangan, (5) uji coba kelompok kecil, dan (6) uji coba lapangan terbatas; tahap II merupakan uji efektifitas produk dengan cara: (1) menguji normalitas data penelitian, (2) menguji homogenitas data penelitian, (3) menguji hipotesis penelitian, dan (4) menghitung nilai efektifitas media yang dikembangkan.
Subjek uji coba terdiri dari dua ahli materi , dua ahli desain instruksional, dua ahli media, tiga orang siswa untuk uji coba perorangan, Sembilan siswa untuk uji coba kelompok kecil dan tiga puluh siswa untuk uji lapangan terbatas. Hasil penelitian menunjukkan (I) uji ahli materi berada pada kualifikasi sangat layak (89,60%), (2) uji ahli desain instruksional berada pada kualifikasi sangat layak (88,88%), (3) uji ahli media pembelajaran berada pada kualifikasi sangat Layak (83,10%), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat Layak (89,05%), (5) uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat layak (87,40%), dan uji coba lapangan terbatas berada pada kualifikasi sangat layak (98,01%).
Produk akhir dari pengembangan media pembelajaran ini dilanjutkan dengan uji keefektifan produk. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015 di kelas XI SMK Negeri 10 Medan. Sampel penelitian ini sebanyak 70 siswa yang terdiri dari 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan 35 siswa kelas kontrol.
Hasil pengujian menggunakan uji t satu pihak, diperoleh harga thitung = 13,360 dan ttabel = 2,00. Jika dibandingkan maka thitung>ttabel atau 13,360 > 2,00 maka hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu ada perbedaan rata-rata atau keseluruhan hasil belajar siswa yang terdiri dari aspek koqnitif, psikomotorik dan afektif yang diajar menggunakan media pembelajaran berbasis proyek dengan siswa yang diajar menggunakan media grafis. Disimpulkan efektivitas penggunaan media sebesar 77,54% sedangkan grafis 63,09%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.246 Dew p
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Desain busana; Media pembelajaran; Software adobe flash CS6; Efektifitas media; Project based learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Apr 2016 08:08
Last Modified: 26 Apr 2016 08:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4683

Actions (login required)

View Item
View Item