PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TARI BAMBU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 106811 BANDAR SETIA TAHUN AJARAN 2019/2020

YULIANTI, EMA (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TARI BAMBU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 106811 BANDAR SETIA TAHUN AJARAN 2019/2020. ['eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate' not defined] thesis, Universitas Negeri Medan.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada muatan pembelajaran tematik di kelas V. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Tari Bambu pada tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 dan 2 (Peristiwa Dalam Kehidupan) terhadap hasil
belajar siswa kelas V di SDN 106811 Bandar Setia Kabupaten Deli Serdang T.A 2019/2020.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas V A SD Negeri 106811 Bandar Setia T.A 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini menggunakan target population adalah seluruh kelas IV A sebanyak 30 siswa. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, yaitu kelas V A sebanyak 30 siswa. Teknik sampel penelitian ini
diambil dari sejumlah keseluruhan populasi karena semua siswa dijadikan sebagai subjek penelitian. Dengan demikian anggota populasi dan sampel penelitian ini adalah sama. Instrumen dan pengumpulan data adalah Observasi dengan menggunakan lembar observasi, Tes bentuk Multiple Choice sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran tes, dan uji daya beda tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji t dengan
menggunakan uji paired sample t test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh hasil belajar pada tema 7 subtema 1 dan pembelajaran ke-1 dan 2 dengan menggunakan model pembelajaran Tari Bambu Terhadap Hasil Belajar di kelas IV SD Negeri 106811 Bandar Setia, percut sei tuan. Berdasarkan analisis uji perbandingan rata-rata nilai
pretest diperoleh 66,66 sementara perolehan nilai rata-rata posttest yaitu 75,66. Kemudian berdasarkan perhitungan uji t dengan taraf signifikan 5% dengan nilai signifikansi yaitu 0,003 yang nilainya lebih kecil dari 0,05 (p < 0,05).
Berdasarkan hasil analisis data dan uji statistik serta pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Tari Bambu terhadap hasil belajar siswa kelas 5 SD N 106811 Bandar Setia T.A 2019/2020.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate' not defined])
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Tari bambu, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 28 Jan 2022 04:40
Last Modified: 28 Jan 2022 04:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45097

Actions (login required)

View Item
View Item