PENERAPAN MODEL TUTOR SEBAYA BERBASIS INTERNET UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS MAHASISWA DALAM MATA KULIAH ANALISA DAN INTERPRETASI FOTO UDARA

Lubis, Darwin Parlaungan (2016) PENERAPAN MODEL TUTOR SEBAYA BERBASIS INTERNET UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS MAHASISWA DALAM MATA KULIAH ANALISA DAN INTERPRETASI FOTO UDARA. JUPIIS (JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL), 8 (2). pp. 95-102. ISSN 2338-482X; 2407-7429

[thumbnail of Peer Review.pdf]
Preview
Text
Peer Review.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview
[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview

Abstract

Interpretasi foto udara merupakan mata kuliah wajib pada semester ganjil di semester IV (empat) di Jurusan Pendidikan Geografi FIS Unimed, dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan hasil belajar mahasiswa dengan penggunaan metode pembelajaran biasa (konvensional) dengan penerapan tutor sebaya dalam pelaksanaan mata kuliah interpretasi foto udara berbasis internet. Hasil pembelajaran dengan penggunaan metode pembelajaran biasa (konvensional) menunjukkan hasilnya adalah 55,84 persen mahasiswa mendapat nilai E, 22,81 persen mahasiswa mendapat nilai C dan 19,35 persen mahasiswa mendapat nilai B, Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembejaran tutor sebaya berbasis internet dalam matakuliah interpretasi foto udara dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Dari hasil penelitian ini juga membuktikan adanya peningkatan prestasi belajar mahasiswa hal ini terlihat dari nilai mahasiswa pada tahap pra-lapangan rata-rata nilai mahasiswa 80,94 dengan komposisi nilai (B = 68 % dan C = 32,%), tahap lapangan nilai rata-rata mahasiswa 81,56 dengan komposisi nilai (A = 9,7 %, B = 83,9 % dan nilai C = 6,5 %) dan tahap pasca lapangan memperoleh nilai rata-rata 81,56 dengan komposisi nilai (A = 19 %, B = 81 %).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penerapan; interpretasi foto udara; dan tutor sebaya
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography
G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 28 Dec 2021 04:00
Last Modified: 28 Dec 2021 04:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44149

Actions (login required)

View Item
View Item