PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN TIPE BAMBOO DANCING PADA MATERI SEL DI KELAS XI SMA NEGERI 10 MEDAN

Siburian, Tagonna and Sinambela, Masdiana (2020) PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN TIPE BAMBOO DANCING PADA MATERI SEL DI KELAS XI SMA NEGERI 10 MEDAN. In: SEMINAR NASIONAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA KE-VI 2020 JURUSAN BIOLOGI, FMIPA, UNIMED, 7 November 2020, Universitas Negeri Medan.

[img] Text
Article.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dengan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing pada materi Sel. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimen dengan teknik purposif sampel. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 10 Medan sebanyak 95 orang pada semester ganjil tahun pembelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini berjumlah 63 orang, yaitu kelas eksperimen I/kelas XI IPA 1 yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match sebanyak 32 orang dan kelas eksperimen II/kelas XI IPA 3 yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing. Hasil pretest yang diperoleh untuk nilai rata-rata pada kelas Eksperimen I yaitu 40 dengan standar deviasi 9,24, dan untuk kelas eksperimen II nilai rata-rata 37,25 dengan standar deviasi 8,44, hal ini menunjukkan pre-test untuk kelas eksperimen I > kelas eksperimen II. Rata-rata nilai post-test untuk kelas eksperimen I yaitu 76,87 dengan standar deviasi 7,8 sedangkan rata-rata untuk kelas eksperimen II yaitu 72,7 dengan standar deviasi 8,5. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji kesamaan rata-rata dengan taraf signifikan nyata 0,05. Setelah kedua kelas dinyatakan berdistribusi Normal dan Homogen lalu dilakukan uji kesamaan rata-rata diperoleh thitung = 2,06 > ttabel = 1,99. Hal ini menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dengan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing pada materi Sel.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: make a match; bamboo dancing; hasil belajar; sel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 22 Nov 2021 03:49
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43888

Actions (login required)

View Item View Item