Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa di Masa Pandemi pada Pembelajaran Mikrobiologi

Hasruddin, and Aryeni, and Purnama, Dirga (2020) Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa di Masa Pandemi pada Pembelajaran Mikrobiologi. In: SEMINAR NASIONAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA KE-VI 2020 JURUSAN BIOLOGI, FMIPA, UNIMED, 7 November 2020, Universitas Negeri Medan.

[img] Text
Article.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa pada perkuliahan dan praktikum mikrobiologi di masa Covid-19 atau coranavirus-2019. Sejak wabah virus corona ini melanda dunia, termasuk Indonesia, maka proses perkuliahan dan praktikum mikrobiologi di Universitas Negeri Medan menggunakan aplikasi sistem pembelajaran dalam jaringan (SIPDA). Namun dalam implementasi pelaksanaan pembelajaran mahasiswa dituntut memiliki kreativitas. Untuk itu dilakukan penelitian deskriptif untuk melihat keefektivan proses pembelajaran dengan menggunakan platform yang ditawarkan. Hasil angket melalui google form dan wawancara via whatshap yang dilakukan secara on line ditemukan bahwa peran dosen untuk membangun kemampuan kreatif mahasiswa pada masa pandemic covid-19 adalah: (1) kreatif dalam menunjang keterampilan abad 21, (2) SIPDA digunakan menjadi wadah utama, di samping aplikasi lainnya seperti google meet dan zoom meet sebagai alteratif, WA Group, dan Google Classroom; (3) mahasiswa secara kreatif bergantian sebagai host setelah dosen memberikan contoh; (4) Proses pembelajaran mikrobiologi dan penilaian menjadi efektif dilaksanakan dengan menggunakan berbagai aplikasi on line; dan (5) Kegiatan praktikum dilakukan mahasiswa di rumah atau tempat kediaman masing-masing untuk topik Pengamatan Morfologi Koloni Bakteri dan Kapang, Analisis Koloni Kapang pada berbagai sumber makanan, dan topik selainnya digunakan secara virtual.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Mikrobiologi; Berpikir Kreatif; Masa Pandemi; Mikrobiologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QR Microbiology
Q Science > QR Microbiology > QR180 Immunology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 19 Nov 2021 09:10
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43864

Actions (login required)

View Item View Item