BINGKAI ARITMATIKA: MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERHITUNG ANAK TUNANETRA DI SLB-A YAPENTRA

Ambarita, Pittauli and Putri, Dhea Anisah and Safrina, Kiki and Siahaan, Verra Sanny Br. and Shifa, Shintia Tri (2021) BINGKAI ARITMATIKA: MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERHITUNG ANAK TUNANETRA DI SLB-A YAPENTRA. In: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat "Penguatan Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Di Era New Normal Melalui Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat", 8 September 2021, LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (528kB) | Preview
Official URL: lppm.unimed.ac.id

Abstract

SLB-A Yapentra merupakan satu-satunya dari sedikit (hanya empat) SLB-A di Kabupaten Deli Serdang yang secara khusus diperuntukkan bagi anak dengan indera penglihatan terganggu atau tidak berfungsi sama sekali. Berdasarkan hasil wawancara, aritmatika atau berhitung dengan operasi dasar meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang dilakukan hanya menggunakan alat peraga jari tangan dan mengandalkan ingatan sangat sulit untuk diterapkan pada operasi yang melibatkan bilangan dengan angka yang besar.Lebih lanjut, kesulitan dalam aritmatika menimbulkan kecemasan dalam diri peserta didik tunanetra saat belajar matematika yang berujung pada rendahnya hasil belajar matematika mereka, sehingga diharapkan adanya media pembelajaran yang dapat membantu mengatasi permasalahan di SLB-A Yapentra.Pengabdian ini bertujuan untuk menyediakan media pembelajaran berupa bingkai aritmatika untuk melatih keterampilan berhitung anak tunanetra di SLB-A Yapentra.Peserta adalah guru SLB-A Yapentra yang ditugaskan oleh pimpinan mitra.Pelaksanaan kegiatan menggunakan metode Learn-Teach-Evaluate yang dilaksanakan dengan blended yakni kombinasi antara daring dan luring berupa persiapan, sosialisasi kegiatan, pelaksanaan kegiatan serta keberlanjutan kegiatan kepada guru dan siswa untuk membantu meningkatkan kemampuan berhitung pada proses pembelajaran matematika. Hasil kegiatan berupa guru di SLB-A Yapentra mampu membuat dan menggunakan bingkai aritmatika sebagai media pembelajaran di kelas dan bingkai aritmatika mampu meningkatkan kemampuan berhitung anak tunanetra di SLB-A Yapentra.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Bingkai Aritmatika; Media Pembelajaran; Keterampilan Berhitung; Anak Tunanetra
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV697 Protection, assistance and relief > HV697.1 Special classes > HV1551 People with disabilities Including blind, deaf, people with physical and mental disabilities
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV697 Protection, assistance and relief > HV697.1 Special classes > HV701 Children > HV888 Children with disabilities
L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education > LC4001 Children and youth with disabilities. Learning disabled children and youth
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 18 Nov 2021 12:39
Last Modified: 18 Nov 2021 12:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43785

Actions (login required)

View Item
View Item