Pengaruh Bimbingan Kelompok dan Harga Diri terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas X SMAN 5 Takengon Aceh Tengah

Nur’aini (2018) Pengaruh Bimbingan Kelompok dan Harga Diri terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas X SMAN 5 Takengon Aceh Tengah. Jurnal DIVERSITA, 4 (1). pp. 32-40. ISSN 2580-6793

[thumbnail of Peer Review.pdf]
Preview
Text
Peer Review.pdf - Published Version

Download (872kB) | Preview
[thumbnail of Artikel.pdf]
Preview
Text
Artikel.pdf - Published Version

Download (526kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kepercayaan diri siswa yang mengikuti layanan bimbingan kelompok (BKp) melalui teknik latihan asertif dan teknik dis­kusi, perbedaan kepercayaan diri siswa yang memiliki harga diri tinggi dan yang memiliki harga diri rendah, serta interaksi bimbingan kelompok dan harga diri dalam mempengaruhi kepercayaan diri siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain factorial 2x2. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 5 Takengon sebanyak 58 orang yang terdiri dari dua kelas, 30 orang siswa menjadi kelompok eksperimen diberikan BKp melalui latihan asertif, dan 28 orang sebagai kelompok kontroldiberikan BKp dengan tehnik diskusi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner kepercayaan diri dan harga diri. Data dianalisis menggunakan ANAVA yang menunjukkan hasil bahwa, pertama terdapat perbedaan kepercayaan diri siswa yang diberikan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik latihan asertif dan diskusi. kedua, terdapat perbedaan kepercayaan diri siswa yang memiliki harga diri tinggi dan harga diri rendah. Dan ketiga, terdapat interaksi antara bimbingan kelompok dan harga diri dalam mempengaruhi kepercayaan diri siswa.

Item Type: Article
Keywords: Bimbingan Kelompok latihan asertif; diskusi; harga diri; dan kepercayaan diri siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698 Personality
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF712 Developmental psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 05 Oct 2021 08:50
Last Modified: 05 Oct 2021 08:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43348

Actions (login required)

View Item
View Item