PENERAPAN MEDIA MONOPOLI BERBASIS TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) HASIL PENGEMBANGAN DALAM PEMBELAJARAN IKATAN KIMIA

Nainggolan, Bajoka and Batubara, Nurul Chairina (2020) PENERAPAN MEDIA MONOPOLI BERBASIS TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) HASIL PENGEMBANGAN DALAM PEMBELAJARAN IKATAN KIMIA. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2020, 12 Desember 2020, Medan.

[img] Text
Article.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini berupa model penelitian dan pengembangan (R&D) dengan metode ADDIE (Ananlysis, design, development, implementasi dan evaluasi), bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia melalui penerapan media monopoli berbasis Teams-Games-Tournament (TGT) hasil pengebangan. Sampel kelas eksperimen diambil secara acak yaitu 34 siswa kelas X MIA 5 dan kelas kontrol 34 siswa kelas X MIA 4 SMA Panca Budi Medan. Kelas eksperimen diajar dengan pembelajaran berbantuan media monopoli berbasis TGT hasil pengembangan, sedangkan kelas kontrol diajar dengan pembelajaran tanpa monopoli berbasis TGT. Data diolah secara statistik, diperoleh rata-rata kelayakan monopoli berbasis TGT hasil pengembangan pada aspek kelayakan isi 3,39; bahasa 3,48; presentasi 3.43; dan kegrafikan 3.67, artinya kualitas media monopoli berasis TGT hasil pengembangan berada dalam kategori sangat layak sesuai standar BSNP. Peningkatan hasil belajar kimia siswa dari uji gain ternormalisasi dengan penerapan media monopoli berbasis TGT hasil pengembangan pada pembelajaran ikatan kimia diperoleh sebesar 80,86%, dengan skor tertinggi 95 dan skor terendah 75. Pengujian hipotesis diperoleh t-hitung > t-tabel yaitu 4,00 > 1,99. Simpulan bahwa media monopoli berbasis TGT hasil pengembangan pada pembelajaran ikatan kimia dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa secara signifikan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: monopoli; ikatan kimia; TGT; hasil pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 08 Sep 2021 02:42
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43204

Actions (login required)

View Item View Item