PENGARUH PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH, PROGRAM POWERPOINT DAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON

Silaban, Ramlan and Sianturi, Desma Paima PENGARUH PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH, PROGRAM POWERPOINT DAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON. -.

[img] Text
Ramlan - Desma.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil Belajar Kimia Siswa yang diajar dengan menggunakan media Macromedia Flash, Powerpoint Dan Peta Konsep pada Pokok Bahasan Hidrokarbon. Sampel penelitian ini adalah siswa Kelas X SMA Negeri 3 Pematangsiantar sebanyak 3 kelas. Ada 3 kelas eksperimen yang dipakai yaitu Kelas eksperimen 1 menggunakan media Animasi Flash, kelas eksperimen 2 menggunakan Program Powerpoint, kelas eksperimen 3 menggunakan media Peta Konsep. Instrumen yang digunakan adalah intrsumen Test berupa Pilihan Ganda dan sudah memenuhi kriteria. Uji hipotesis digunakan dengan uji beda nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan ketiga jenis media yang dipakai. Hal mana ditunjukkan oleh hasil perhitungan bahwa hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan media Flash memberi rataan sebesar =75,28,36, dengan media program Powerpoint memberi rataan sebesar =74 8,02 serta dengan media Peta Konsep memberi rataan sebesar =66,107,71. Selanjutnya, dari uji gain ternormalisasi diperoleh adanya peningkatan hasil belajar kimia siswa oleh media Flash sebesar 63 %,, media program Powerpoint sebesar 65% dan media peta konsep sebesar 50 %.

Item Type: Article
Keywords: Media pembelajaran; Hasil belajar; Macromedia flash; Peta konsep; Hidrokarbon
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 Apr 2016 04:40
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/410

Actions (login required)

View Item View Item