PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA SMA KELAS XI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

SIBUEA, GORAT VICTOR (2020) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA SMA KELAS XI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8156142024 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8156142024 COVER.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8156142024 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8156142024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (430kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8156142024 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156142024 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8156142024 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156142024 PREFACE.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8156142024 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156142024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8156142024 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156142024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8156142024 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156142024 TABLES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8156142024 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8156142024 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8156142024 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8156142024 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (582kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8156142024 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8156142024 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8156142024 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8156142024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (712kB) | Preview

Abstract

Abstrak - Pemahaman kimia siswa akan konsep sangat terkait dengan keterampilan proses. Kurangnya pemahaman siswa tentang Konsep Ilmu Kimia tidak terlepas dari pembelajaran itu didominasi oleh penyampaian informasi dari guru ke siswa, sehingga siswa cenderung menghafal dan berkurangnya keterampilan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengajaran materi pengajaran pengembangan dalam bentuk penggunaan buku penuntun praktikum Kimia. Buku Penuntun Praktikum yang diterapkan untuk Kelas XI SMA Sikap Ilmiah dan keterampilan Proses Sains. Metode penelitian menggunakan Penelitian Pengembangan oleh Tahapan Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi (ADDIE) . Sebelum dilakukan penelitian penuntun praktikum telah dinilai dengan presepsi oleh 5 guru kimia dan 3 dosen kimia dengan menggunakan angket BSNP Modifikasi Berdasarkan hasil tabulasi angket diperoleh bahwa nilai rata-rata dari kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata dari kelas kontrol. Hasil analisis penilaian Keterampilan Proses Sains penuntun praktikum yang telah dikembangkan pada materi Hidrokarbon dan minyak bumi memiliki nilai rata-rata sebesar 86,5 adalah sangat baik. Perolehan nilai rata-rata pada pretest kelas control (menggunakan penuntun praktikum sekolah) memperoleh nilai rata-rata 55,17 dan kelas eksperimen (menggunakan penuntun praktikum yang dikembangkan) memperoleh nilai rata-rata sebesar 58,17. Sedangkan untuk post test kelas kontrol (menggunakan penuntun praktikum sekolah) memperoleh nilai rata-rata 68,50 dan kelas eksperimen (menggunakan penuntun praktikum yang dikembangkan) diperoleh nilai rata-rata sebesar 89,17 Instrumen pencarian adalah Kuisioner dan tes objektif. Uji Kelayakan menggunakan buku praktikum Kimia dianalisis berdasarkan pada data standar konten, penampilan, bahan dan untuk Mengukur Sikap Ilmiah dan Keterampilan Proses Sains. Langkah pertama dalam pengembangan adalah analisis bahan ajar tersedia di SMA Teladan Medan (SMA Swasta Teladan Medan) .Hasil menggunakan Buku Praktikum Kimia dengan Metode Pertanyaan Quided adalah korelasi siswa yang menggunakan panduan pratikum berbasis inkuiri untuk meningkatkan sikap ilmiah dan keterampilan proses sains dalam pembelajaran tetapi masih perlu direvisi dan dikembangkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 540.072 Sib p
Keywords: PENGEMBANGAN; BUKU PENUNTUN PRAKTIKUM; KETERAMPILAN PROSES SAINS; INQURY TERBIMBING
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Nov 2020 16:51
Last Modified: 13 Nov 2020 05:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40745

Actions (login required)

View Item
View Item