Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Pcnalaran For rnal Terhadap 1-Iasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SMP Ncgeri Kota Medan.

Hutagaol, Marolop (2020) Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Pcnalaran For rnal Terhadap 1-Iasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SMP Ncgeri Kota Medan. Doctoral thesis, UNIMED.

[img] Text
NIM. 8174424002 Abstrak.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)

Abstract

Fenon1.ena adanya kesenjangan antara harapan basil belajar siswa pada mata pelajaran IP A di SMP Negeri Kota Medan dengan kenyataan yang diperoleh maka perlu dilakukan penelitian pada pembelajaran siswa SMP Negeri di Lingkungan Dinas Pendidikan Pemerintah Kota Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IP A SMP yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran discovery, inkuiri, dan konvensional serta ada tidaknya interaksi strategi pembelajaran dan penalaran fonnal siswa terhadap basil belajar siswa pada mata pelajaran IPA SMP. Penelitian ini merupakan penelitian quation experiment yang dilaksanakan di SMP Negeri 3, 7 dan 13 Medan pada semester ganjil TP 2011-2012 dengan metode pengambilan sam pel random sampling berdasarkan penalaran fonnal, untuk masing-masing kelompok terdiri: 40; 42; 44 orang untuk discovery, inkuiri dan konvensional. Menggunakan tes penalaran fonnal dan tes hasil belajar IPA siswa SMP sebagai instnunen pengurnpulan data, eksperimental perlakuan level 3 x 2 disain. Temuan penelitian menunjuk.kan terdapat perbedaan basil belajar siswa pada mata pelajaran IPA SMP yang dibelajarkan dengan' strategi pembelajaran: (1) discovery, inkuiri dan konvensional, (2) discovery dibandingkan dengan inkuiri, (3) discovery dibandingkan konvensional, (4) inkuiri dibandingkan dengan konvensional, (5) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan penalaran fonnal terhadap hasil belajar IP A siswa SMP, (6) yang mempunyai penalaran fonnal tinggi jika dibelajarkan dengan discovery dibandingkan dengan inkuiri, (7) yang mempunyai penalaran fonnal tinggi jika dibelajarkan dengan discovery dibandingkan d engan konvensional, (8) yang mempunyai penalaran fonnal tinggi jika dibelajarkan dengan inkuiri dibandingkan dengan konvensional, (9) yang mempunyai penalaran fonnal rendah jika dibelajarkan dengan discovery dibandingkan dengan inkuiri, (1 0) yang mempunyai penalaran fonnal rendah jika dibelajarkan dengan discovery dibandingkan den~an konvensional, (11) yang mempunyai penalaran fonnal rendah Jika dibelajarkan dengan inkuiri dibandingkan dengan konvensional

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSibuea, Abdul Muinnidn0008105817
Thesis advisorSitumorang, Julaganidn0020085103
Call Number: 371.33 Hut p
Keywords: pengaruh strategi pembelajaran; strategi pembelajaran discovery; inkuiri; konvensional; penalaran fonnal; IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan (S3)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 16 Jul 2020 09:22
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39871

Actions (login required)

View Item View Item