PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN CARA BELAJAR SISWA TERHADAP KARAKTER SISWA

Beru Perangin- angin, Reh Bunga (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN CARA BELAJAR SISWA TERHADAP KARAKTER SISWA. JURNAL TEMATIK, 8 (2). pp. 215-226. ISSN 1979-6633; 2460- 7738

[thumbnail of PEER REVIEW.pdf]
Preview
Text
PEER REVIEW.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui efek strategi pembelajaran discovery dan cara belajar siswa terhadap karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Penelitian berlangsung di kelas V SDN 064015 dan SDN 060873 di Kota Medan dengan populasi dan sampel berjumlah 120 siswa. Data penelitian diperoleh melalui tes sikap dalam bentuk angket. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa adanya interaksi antara strategi pembelajaran Discovery dan cara belajar siswa terhadap karakter siswa. Hasil interaksi antara strategi pembelajaran dan cara belajar siswa dalam penelitian ini signifikan sebesar 0.000 < 0,05 artinya peningkatan karakter siswa pada kelas eksperimen lebih baik jika dibandingkan pada kelas kontrol. Hal ini menyatakan bahwa strategi pembelajaran Discovery dan cara belajar siswa sangat berpengaruh terhadap karakter siswa

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Discovery; Cara belajar; Pendidikan Kewarganegaraan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 27 Jun 2020 14:49
Last Modified: 29 Jun 2020 02:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39621

Actions (login required)

View Item
View Item