PENINGKATAN KEMAMPUAN SPASIAL MELALUI PENERAPAN TEORI VAN HIELE TERINTEGRASI DENGAN MULTIMEDIA DENGAN MEMPERTIMBANGKAN GAYA BELAJAR SISWA

Siregar, Budi Halomoan and Siahaan, Chrystin Yesica (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN SPASIAL MELALUI PENERAPAN TEORI VAN HIELE TERINTEGRASI DENGAN MULTIMEDIA DENGAN MEMPERTIMBANGKAN GAYA BELAJAR SISWA. Jurnal Handayani, 09 (02). pp. 62-71. ISSN 2355-1739

[img] Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
Official URL: https://doi.org/10.24114/jh.v9i2.12021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: (1) peningkatan kemampuan spasial siswa yang diajarkan dengan Teori Van Hiele yang terintegrasi dengan multi-media dibandingkan dengan penerapan metode pengajaran langsung. (2) interaksi antara teori Van Hiele yang terintegrasi dengan multimedia dan gaya belajar siswa pada peningkatan kemampuan spasial siswa. Populasinya adalah semua siswa kelas VIII SMP di dua sekolah berbeda yang terdiri dari 9 kelas. Sampel dari 108 siswa dibagi menjadi tiga kelompok: pelajar visual, pelajar auditori dan pelajar kinestetik. Kelompok eksperimen menjadi sasaran teori Van Hiele yang terintegrasi dengan multimedia, sedangkan kelompok kontrol dikenakan model pengajaran langsung. Selain itu, dengan menggunakan ANOVA dua arah, hasilnya adalah sebagai berikut: (1) peningkatan kemampuan spasial siswa yang diajarkan oleh teori Van Hiele yang terintegrasi dengan multimedia lebih baik daripada metode instruksi langsung. (2) Ada interaksi antara geometri pembelajaran berdasarkan teori Van Hiele yang terintegrasi dengan multimedia dan gaya belajar pada peningkatan kemampuan spasial siswa. Selanjutnya, ada perbedaan yang signifikan dalam kemampuan spasial antara siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik.

Item Type: Article
Keywords: Kemampuan spasial; Teori Van Hiele; Instruksi langsung; Multimedia; Gaya belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Apr 2020 05:25
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39217

Actions (login required)

View Item View Item