Mendongeng Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Anak Sekolah Dasar

Sukmarani and Astari, Wanty (2019) Mendongeng Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Anak Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia II, 2. pp. 147-148. ISSN 978-623-92504-4-7

[thumbnail of 25. Fulltext.pdf]
Preview
Text
25. Fulltext.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview

Abstract

Dongeng merupakan cerita yang mengandung nilai-nilai moral dan sosial yang berguna untuk membentuk karakter anak.Pembentukan karakter anak dapat dilakukan di lingkungan pembelajaran sekolah dan lingkungan rumah atau keluarga.Strategi pembentukan karakter anak dilakukan dengan pemberian contoh, pembiasaan membaca dongeng, pembiasaan mendengarkan dongeng, dan penciptaan lingkungan baca yang mendukung. Hal ini mendukung karakter siswa sekolah dasar yang masih memerlukan pendidikan karakter yang dia peroleh dari apa saja yang dia dengar, dari hal-hal yang disampaikan orang sekitar terutama guru sebagai pendidik yang turut berperan dalam pembentukan karakter anak. Situasi seperti ini guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif. Menyampaikan isi pesan atau amanah yang tersirat dari kisah dongeng yang diperdengarkan menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Item Type: Article
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GR Folklore
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 16 Mar 2020 03:58
Last Modified: 16 Mar 2020 03:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38967

Actions (login required)

View Item
View Item