Erawati, Ariska and Sagala, Meilina Suryani and Simangunsong, Nuzrul Meylinda and Hutagalung, Trisnawati (2019) Pengaruh Minat Baca Buku Fiksi Novel Terhadap Karakter Sosial Siswa Kelas XI SMA Kartika I-2 Medan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia II, 2. pp. 101-107. ISSN 978-623-92504-4-7
18. Fulltext.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
Abstract
Pendidikan memiliki peranan penting dalam membentuk karakter peserta didik, karena dengan adanya pendidikan peserta didik diajarkan bagaimana berperilaku dengan sesama manusia dengan sopan dan santun. Pendidikan yang mengajarakan dalam hal moral atau nilai berhubungan dengan sesama manusia baik di dalam lingkungan sekolah maupun kehidupan bermasyarakat di sekitarnya yang masuk kedalam karakter sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei. Survei digunakan untuk mengumpulkan data atau informasi yang besar dengan menggunakan sampel yang relatif kecil. Penelitian ini berarti akan menggambarkan suatu gejala dari data yang bersifat kuantitatif. Data yang bersifat kuantitatif yakni skor kuisioner atau angket. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh buku fiksi dan genre novel terhadap karakter sosial pada siswa kelas
XI SMA Kartika I-2 Medan. Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat mendeskripsikan pengaruh buku fiksi
novel terhadap karakter sosial pada siswa kelas XI SMA Kartika I-2 Medan, sehingga mampu menyiapkan generasi bangsa yang berkarakter dengan indikator antara lain kerjasama, toleransi, menghargai dan menghormati sesama, kepedulian atau solidaritas. Hasil penelitian terhadap minat baca siswa kelas XI SMA Kartika I-2 Medan terhadap novel berada pada kategori sedang. Artinya, pada dasarnya siswa menyukai membaca novel dikarenakan bisa mengurangi rasa bosan dan jenuh saat tidak mempunyain kegiatan selain dari pembelajaran di sekolah. Faktor pendukung dan faktor penghambat minat baca siswa kelas XI SMA Kartika I-2 Medan terhadap novel berada pada kategori sedang. Artinya, banyak sekali faktor-faktor yang mendukung dan menghambat ketertarikan siswa dalam menumbuhkan minat baca terhadap novel. Pada faktor pendukung dan penghambat faktor yang dominan adalah lingkungan yang memengaruhi budaya membaca sastra, pemahaman membaca karya sastra, berkembangnya teknologi komunikasi, dan faktor terakhir yaitu kendala yang menghambat kebiasaan membaca sastra.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building P Language and Literature > PR English literature > PR750 Prose > PR821 Prose fiction. The novel |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 16 Mar 2020 03:02 |
Last Modified: | 16 Mar 2020 03:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38954 |