Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Demonstrasi

Putri, Nanda Tri and Hanum, Inayah (2018) Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Demonstrasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I Unimed-2018, 1. pp. 223-226. ISSN 978-602-53253-9-7

[img] Text
34. Fulltext.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) kualitas proses pembelajaran menulis teks prosedur, dan keterampilan menulis teks prosedur dengan metode pembelajaran demonstrasi. Tempat penelitian ini di MAN 1 Medan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) metode demonstrasi dapat meningkatkan kualitas proses pada pembelajaran menulis teks prosedur ditandai dengan meningkatnya kinerja siswa. Distribusi data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks prosedur kompleks sebelum menggunakan metode pembelajaran demonstrasi berada dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata sebesar 69,78. Kemudian dilaksanakanlah penelitian pada siklus I. Siklus I siswa menulis teks prosedur menerapkan metode pembelajaran demonstrasi maka diperoleh nilai rata-rata 78,40 dan mengalami peningkatan. Nilai rata-rata yang diperoleh masih berada dibawah standar yang ditentukan yaitu 85 maka dilaksanakanlah kembali siklus II dengan menambahkan perlakuan. Siswa menulis teks prosedur dengan menerapkan metode pembalajaran demonstrasi dan diperolehlah nilai rata-rata sebesar 5,53. Hal ini membuktikan bahwa metode pembalajaran demonstrasi berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas XI MIA 5MAN 1 Medan tahun pembelajaran 2018/2019.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 10 Mar 2020 03:04
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38843

Actions (login required)

View Item View Item