Cerita Rakyat sebagai Media dalam Pembelajaran Menulis Narasi yang Berkarakter

Hanum, Inayah (2018) Cerita Rakyat sebagai Media dalam Pembelajaran Menulis Narasi yang Berkarakter. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I Unimed-2018, 1. pp. 83-88. ISSN 978-602-53253-9-7

[thumbnail of 12. Fulltext.pdf]
Preview
Text
12. Fulltext.pdf - Published Version

Download (523kB) | Preview

Abstract

Dalam konteks pendidikan, karakter dimaknai sebagai perilaku yang merujuk pada nilai dan moral, misalnya seberapa baik seorang berperilaku. Dengan kata lain, seseorang yang menunjukkan kualitas pribadi yang sesuai dengan harapan masyarakat, akan dianggap memiliki karakter yang baik dan menunjukkan kualitas kepribadiannya. Kualitas kepribadian ini biasanya terwujud pada kejujuran, rasa hormat, tanggung jawab, disiplin dalam melaksanakan kehidupan sehari-hari.
Pendidikan karakter dewasa ini , sudah menjadi perbincangan serta dikaji di berbagai pertemuan ilmiah. Permasalahan-permasalahan hidup yang muncul di masyarakat saat ini sudah sangat kompleks. Hal ini terjadi, akibat rendah dan minimnya pendidikan karakter di keluarga, masyarakat dan lembaga pendidikan. Seperti paparan Selamat Imam Santoso dalam tulisannya pada Jurnal Pendidikan No.1(1991) , ―Pada masa sebelum Penyerbuan Jepang, masyarakat Indonesia, memiliki watak yang sangat membanggakan. Kejujuran, ketertiban, dan kesungguhan adalah sifat yang sangat dominan dalam masyarakat. Peraturan sangat sederhana dan mudah dipahami rakyat. Lebih lanjut dikemukakannya, kalau pelaksana tidak memiliki sifat ini, maka yang akan menjelma adalah korupsi, simpang siur pekerjaan, tuduh menuduh, jegal menjegal, sehingga seluruh usaha semakin semrawut. Pendek kata keadaan menjadi kacau balau.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 06 Mar 2020 02:34
Last Modified: 06 Mar 2020 02:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38784

Actions (login required)

View Item
View Item