PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TIK SISWA SMA NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR

Uzir, Khairil Anwar (2019) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TIK SISWA SMA NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 30 Nopember 2019, Digital Library Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of ATP 27.pdf]
Preview
Text
ATP 27.pdf - Published Version

Download (456kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui hasil belajar TIK siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ARIAS dan hasil belajar TIK yang diajar dengan strategi pembelajaran Direct Instruction, (2) untuk mengetahui hasil belajar TIK antara siswa dengan kemandirian tinggi dan hasil belajar TIK siswa dengan kemandirian rendah, dan (3) untuk mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian siswa terhadap hasil belajar TIK. Hasil penelitiannya adalah: (1) rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ARIAS lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Direct Instruction (2) rata-rata hasil belajar siswa dengan kemandirian tinggi lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan kemandirian dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan
kemandirian terhadap hasil belajar TIK. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa strategi pembelajaran yang tepat digunakan pada siswa dengan karakteristik kemandirian tinggi adalah strategi pembelajaran ARIAS sedangkan siswa dengan kemandirian rendah strategi pembelajaran yang tepat digunakan adalah strategi pembelajaran Direct Instruction. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada guru TIK yaitu dalam penerapan strategi pembelajaran harus
memperhatikan karakteristik siswa khususnya karakteristik kemandirian.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran; Kemandirian Belajar; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 05 Mar 2020 02:19
Last Modified: 05 Mar 2020 02:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38734

Actions (login required)

View Item
View Item