STUDI KEPUSTAKAAN MENGENAI BLENDED LEARNING SEBAGAI INOVASI MODEL PEMBELAJARAN DI ERA 21

Siallagan, Andrew Ryan Hasudungan (2019) STUDI KEPUSTAKAAN MENGENAI BLENDED LEARNING SEBAGAI INOVASI MODEL PEMBELAJARAN DI ERA 21. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 30 Nopember 2019, Digital Library Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of ATP 24.pdf]
Preview
Text
ATP 24.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran di kelas secara tatap muka (face-to-face) telah kehilangan daya tariknya di era 21 ini. Hal itu terjadi karena sebagian siswa berpikir dengan perkembangan teknologi yang semakin luas, proses pembelajaran di era 21 dapat dilakukan secara online (e-learning). Untuk mengakomodasi perkembangan teknologi (e-learning) tanpa harus meninggalkan pembelajaran
secara tatap muka (face-to-face) haruslah ada strategi pengorganisasian pengajaran, penyampaian pengajaran, dan kualitas pegajaran yang tepat, yaitu dengan blended learning. Blended Learning adalah strategi pembelajaran yang bertujuan untuk mencapai tujuan dengan menggabungkan
berbasis kelas pembelajaran / tatap muka dengan pembelajaran berbasis teknologi dan informasi yang dilakukan secara online. Maka dari itu tulisan ini bertujuan untuk menjabarkan Blended Learning sebagai inovasi model pembelajaran di era 21. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni metode
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa inovasi model pembelajaran Blended Learning akan membangkitkan kemandirian serta percaya diri siswa karena mereka berusaha mencari dan mengeksplorasi sumber
belajar tidak hanya dari guru saja.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning; Inovasi Pembelajaran; E-Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 04 Mar 2020 07:11
Last Modified: 04 Mar 2020 07:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38730

Actions (login required)

View Item
View Item