PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK ELASTISITAS ZAT PADAT DI KELAS XI SMA NEGERI 1 DELITUA T.P 2019/2020

Ismailia Ayuzra, Putri Utami (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK ELASTISITAS ZAT PADAT DI KELAS XI SMA NEGERI 1 DELITUA T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4153121027 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4153121027 COVER.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4153121027 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4153121027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4153121027 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4153121027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4153121027 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4153121027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4153121027 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4153121027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4153121027 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4153121027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4153121027 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4153121027 TABLES.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4153121027 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4153121027 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4153121027 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4153121027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (483kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4153121027 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4153121027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4153121027 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4153121027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 4153121027 ENCLOSURE.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 4153121027 ENCLOSURE.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Adakah pengaruh model pembelajaran inquiry training dan konvensional terhadap kreativitas siswa, 2) Adakah pengaruh model pembelajaran inquiry training dan konvensional terhadap keterampilan proses sains siswa, 3) Adakah interaksi model pembelajaran inquiry training dan konvensional terhadap kreativitas dan keterampilan proses sains siswa. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain two group pretestposttest.Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Delitua T.A.2019/2020 yang terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 216 orang. Sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI MIA-4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 orang
dan kelas XI MIA-1 yang berjumlah 35 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan tes essay yang terdiri dari 5 soal kreativitas dan 12 soal keterampilan proses sains. Hasil Pengujian dianalisis menggunakan
multivariat analisis varians (MANOVA) dengan taraf signifikasi 0,05.Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretest kreativitas kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 51,01 dan 35,04. Rata-rata posttest
kreativitas kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 79,4 dan 42,49. Rata-rata pretest keterampilan proses sains kelas eksperimen dan kontrol adalah 36,18 dan 33,0. Rata-rata posttest keterampilan proses sains kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 77,16 dan 57,0. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry training dan konvensional terhadap kreativitas siswa dengan uji hipotesis menggunakan uji manova. dengan kriteria pengujian Fh > Ft (5,62 > 2,13), maka H0 ditolak dan H1 diterima 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry training dan konvensional terhadap terhadap keterampilan proses sains siswa, dengan kriteria pengujian Fh > Ft (5,13 > 2,13), maka H0 ditolak dan H1 diterima 3) Terdapat interaksi antara kreativitas dan keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model
pembelajaran inquiry training dan konvensional, dengan kriteria pengujian Fh > Ft (2,13 > 2,13). sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 FIS 303
Uncontrolled Keywords: inquiry training, kreativitas, keterampilan proses sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:29
Last Modified: 03 Aug 2022 03:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37088

Actions (login required)

View Item
View Item