PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH MELALUI PEMBELAJARAN STRATEGI METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA SMP NEGERI 15 MEDAN

Ernilis (2019) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH MELALUI PEMBELAJARAN STRATEGI METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA SMP NEGERI 15 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8126172012 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8126172012 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8126172012 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8126172012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8126172012 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8126172012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8126172012 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8126172012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8126172012 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8126172012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8126172012 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8126172012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8126172012 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8126172012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (881kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM. 8126172012 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
11. NIM. 8126172012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8126172012 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8126172012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengembangkan bagaimana efektivitas
dan kepraktisan modul berbasis masalah yang dikembangkan melalui
pembelajaran strategi metakognitif pada kemampuan pemecahan masalah, dan
mengetahui peningkatan keterampilan pemecahan masalah melalui pembelajaran
strategi metakognitif modul berbasis masalah yang dikembangkan. Penelitian ini
adalah penelitian pengembangan. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan
model pengembangan 4D oleh Thiagarajan. Untuk memperoleh modul
pembelajaran yang efektif dan praktis. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 15
Medan. Hasil Penelitian Menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan telah
memenuhi persyaratan yang valid sehingga dapat diuji efektivitas dan
kepraktisannya. Hasil tes menunjukkan bahwa dari segi efektifitas, modul telah
mampu meningkatkan aktivitas aktif siswa, kemampuan guru dalam pembelajaran
sudah cukup baik, Respon positif siswa dalam belajar dan tujuan pembelajaran
telah tercapai dengan 86,21. % sepenuhnya. Kepraktisan modul juga telah
terpenuhi, hal ini terlihat dari respon positif siswa dalam pembelajaran serta
peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah penggunaan modul.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 519.2 Ern p
Uncontrolled Keywords: pengembangan modul pembelajaran, strategi metakognitif, kemampuan pemecahan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 Sep 2019 03:03
Last Modified: 24 Sep 2019 03:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36104

Actions (login required)

View Item
View Item