PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KISARAN

Hafni, Nur Fadilah (2019) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KISARAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8136121020 Cover.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8136121020 Cover.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8136121020 Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8136121020 Pengesahan.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8136121020 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8136121020 Abstrak.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8136121020 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8136121020 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8136121020 Daftra Isi.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8136121020 Daftra Isi.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8136121020 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8136121020 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8136121020 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8136121020 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8136121020 Daftra Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8136121020 Daftra Lampiran.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8136121020 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8136121020 BAB I.pdf - Published Version

Download (536kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8136121020 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8136121020 BAB V.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8136121020 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8136121020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran yang selama ini diterapkan
di SMP khususnya pada pembelajaran IPS masih menggunakan teacher center
learning, siswa mengganggap IPS merupakan mata pelajaran yang membosankan,
dan hasil belajar IPS dinilai masih rendah dan kurang maksimal. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbedaan hasil belajar IPS siswa yang diajar
dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan strategi
pembelajaran kooperatif tipe STAD; (2) Perbedaan Hasil belajar IPS siswa yang
memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak dan siswa yang memiliki gaya berpikir
sekuensial kongkrit; (3) Interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya berpikir
terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen
dengan desain faktorial 2x2. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) hasil belajar
IPS siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe group
investigation lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran
kooperatif tipe STAD; (2) hasil belajar IPS siswa yang memiliki gaya berpikir
sekuensial abstrak lebih tinggi daripada siswa yang memiliki gaya berpikir
sekuensial kongkrit; (3) terdapat interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran
dan gaya berpikir siswa dalam mempengaruhi hasil belajar IPS. Dari hasil análisis
data disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe group
investigation lebih tepat digunakan untuk siswa yang memiliki gaya berpikir
sekuensial abstrak dan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tepat
digunakan untuk siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial kongkrit.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.3 Haf p
Keywords: Strategi Pembelajaran, Gaya Berpikir, Hasil Belajar IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 23 Sep 2019 07:51
Last Modified: 23 Sep 2019 07:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36095

Actions (login required)

View Item
View Item