PENGARUH MODEL ROLE PLAYING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PKN SISWA KELAS IV SD

Marbun, Putri Melly Andani (2018) PENGARUH MODEL ROLE PLAYING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PKN SISWA KELAS IV SD. In: TANTANGAN YANG DIHADAPI DALAM DUNI PENDIDIKAN DAN SOCIAL STUDIES DIERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, Desember 2018, Digital Library UNIMED.

[thumbnail of Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[thumbnail of 49. melly.pdf]
Preview
Text
49. melly.pdf - Published Version

Download (532kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran Role Playing terhadap
aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn pokok bahasan Pemilu di kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) dan dilakukan di salah satu SD Negeri di Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi
aktivitas siswa dan ada 10 aspek yang akan di observasi. Hasil aktivitas belajar siswa menggunakan model Role Playing pada
siklus II mengalami peningkatan sebesar 31,2% yaitu pada siklus I mendapat jumlah nilai 64 dan meningkat pada siklus II
menjadi 84. Jumlah nilai yang di dapat pada siklus I berkategori cukup aktif dan pada siklus II meningkat menjadi kategori
Aktif. Dengan demikian dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran
mengalami peningkatan dan sudah berkategori aktif setelah menggunakan model Role Playing pada mata pelajaran PKn
pokok bahasan Pemilu di kelas IV SD.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: model Role Playing, aktivitas
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 26 Aug 2019 02:49
Last Modified: 26 Aug 2019 02:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35839

Actions (login required)

View Item
View Item