PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA SMP N 3 PARANGINAN

Simanjuntak, Madonna (2018) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA SMP N 3 PARANGINAN. In: TANTANGAN YANG DIHADAPI DALAM DUNI PENDIDIKAN DAN SOCIAL STUDIES DIERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, Desember 2018, Digital Library UNIMED.

[thumbnail of Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[thumbnail of 45. DONNA.pdf]
Preview
Text
45. DONNA.pdf - Published Version

Download (585kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah penilaian otentik dapat mengukur hasil belajar PKn siswa kelas VII
SMP N 3 Paranginan pada ranah kognitif. (2)Peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMP N 3 Paranginan pada ranah
kognitif dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII SMP N 3 Paranginan dan sebagai objek dalam penelitian ini adalah Kelas VII B
yang berjumlah 29 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari: (1) tes hasil belajar; (2) Lembar
observasi aktivitas siswa; (3) Observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
(1) Penilaian otentik dapat mengukur hasil belajar PKn siswa kelas VII SMP N 3 Paranginan pada ranah kognitif; (2)
Terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMP N 3 Paranginan pada ranah kognitif dengan menerapkan model
pembelajaran kontekstua yaitu persentase pencapaian Hasil Belajar PKn pada ujicoba I sebesar 77,78% meningkat menjadi
90% pada ujicoba II. Kadar aktivitas aktif siswa pada ujicoba I, terdapat 2 aktivitas siswa yang belum memenuhi kriteria
toleransi waktu ideal yang ditetapkan, sedangkan pada ujicoba II, seluruh aktivitas siswa telah memenuhi kriteria toleransi
waktu ideal yang ditetapkan. Nilai kemampuan guru mengelola pembelajaran pada ujicoba I berada pada kriteria cukup
baik, dan pada ujicoba II berada pada kriteria baik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kontekstual, penilaian Otentik, Hasil Belajar.
Subjects: J Political Science > JC Political theory > JC311 Nationalism. Nation state
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 26 Aug 2019 01:45
Last Modified: 26 Aug 2019 01:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35835

Actions (login required)

View Item
View Item