PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN

Nasution, Ahmad Rosyadi and Mulyadi (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN. In: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN OLAHRAGA, 08 SEPTEMBER 2018, GEDUNG DIGITAL LIBRARY LANTAI IV UNIVERSITAS NEGERI MEDAN.

[thumbnail of Ahmad Rosyadi Nasution, Mulyadi.pdf]
Preview
Text
Ahmad Rosyadi Nasution, Mulyadi.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah dalam permainan bola voli melalui pendekatan bermain pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal Tahun Ajaran 2006/2007. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa 25 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar passing bawah bola voli dengan menggunakan lembaran fortofolio. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom Action Research). Hasil penelitian menyimpulkan : Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 12 siswa (48%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 13 siswa (52%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah dikonfersikan adalah 68%. Dari tes hasil belajar siklus II diperoleh sebanyak 21 siswa (84%) telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 4 siswa (16%) masih belum tuntas. Dan nilai rata-rata hasil belajar setelah dikonfersikan adalah 80%. Berdasarkan dari analisis data dapat dikatakan bahwa melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan proses hasil belajar passing bawah dalam permainan bola voli pada siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Passing Bawah Bola Voly Melalui Pendekatan Bermain
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 30 Jul 2019 08:31
Last Modified: 25 Sep 2019 06:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35756

Actions (login required)

View Item
View Item