EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SMK DI KABUPATEN BATUBARA

Noor, Mauluddin M. (2018) EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SMK DI KABUPATEN BATUBARA. In: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN OLAHRAGA, 08 SEPTEMBER 2018, GEDUNG DIGITAL LIBRARY LANTAI IV UNIVERSITAS NEGERI MEDAN.

[thumbnail of Text.pdf]
Preview
Text
Text.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian implementasi Kurikulum 2013 SMK di Kabupaten Batubarabanyak ditemukanhambatan pada awal penerapannya. Penelitian ini memiliki tujuan untukmelakukan evaluasi terhadap implementasi Kurikulum 2013di Kabupaten Batubara tahun pelajaran 2017/2018. Komponen implementasikurikulum yang dievaluasi meliputi: (1) kondisi siswa, (2) kondisi guru, (3)pemahaman guru terhadap kurikulum, (4) kondisi sarana prasarana, (5)perencanaan pembelajaran, (6) pelaksanaan pembelajaran berbasis saintifik, (7) pelaksanaan penilaian autentik, dan (8) hasil penilaianautentik terkait aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Model evaluasi yang digunakan yaitu model evaluasi Stake Countenance Models. Evaluasi dilakukan dengan mengumpulkan informasi yang berupa datakomponen implementasi kurikulum untuk kemudian dibandingkan denganstandar dari kementrian. Populasi terdiri dari 22 SMK. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru ditentukan dengan purposive sampling technique. Instrumen yangdigunakan yaitu lembar angket, lembar observasi, dan lembar dokumentasi. Uji coba instrumen angket dilakukan di sekolah SMKdi kabupaten Batubara. Analisis data menggunakan teknik deskriptif.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, implementasi kurikulum, Kurikulum 2013
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 30 Jul 2019 03:12
Last Modified: 21 Oct 2019 08:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35676

Actions (login required)

View Item
View Item