UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN LOW DRIBBLING MELALUI VARIASI LATIHAN PATTERN

Nainggolan, Jefri Fernando (2018) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN LOW DRIBBLING MELALUI VARIASI LATIHAN PATTERN. In: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN OLAHRAGA, 08 SEPTEMBER 2018, GEDUNG DIGITAL LIBRARY LANTAI IV UNIVERSITAS NEGERI MEDAN.

[thumbnail of Jefri Fernando Nainggolan.pdf]
Preview
Text
Jefri Fernando Nainggolan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan low dribbling melalui variasi latihan pattern pada siswa ekstrakulikuler bola basket SMA Negeri 8 Medan. Subjek dalam penulisan ini adalah siswa SMA yang berjumlah 10 siswa. 10 siswa putra Ekstrakurikuler bola basket SMA Negeri 8 Medan tahun 2018/2019 tidak ada seorangpun yang dapat mencapai nilai yang diinginkan oleh peneliti dengan perincian 10 siswa belum mencapai target personal dengan nilai rata-rata keterampilan low dribbling siswa yakni 24,8 dengan persentase 68,89%. Peneliti menentukan peningkatan target personal keterampilan low dribbling sebesar 10% dan peningkatan perkelompok sebesar 80%. Batas nilai personal ketercapaian peningkatan yang ditentukan peneliti dalam penelitian ini yaitu sebesar 10%. Apabila atlet telah mencapai/melewati batas nilai target (10%) yang telah ditentukan peneliti, maka atlet tersebut dinyatakan telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian setelah penerapan variasi latihan pattern maka diperoleh rata-rata peningkatan target personal dari hasil penilaian proses pre-test keterampilan low dribbling sebesar 16,82% peningkatan personal ketercapaian atlet. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan variasi latihan pattern dapat meningkatkan keterampilan low dribbling pada siswa putera ekstrakurikuler bola basket SMA Negeri 8 Medan tahun 2018/2019.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: low dribbling, variasi, latihan, pattern.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV733 Professionalism in sports. Professional sports (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 30 Jul 2019 02:30
Last Modified: 30 Jul 2019 02:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35664

Actions (login required)

View Item
View Item