MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI CONCEPT SENTENCE MODEL FLASH CARD DI KELAS IV SD NEGERI 101800 DELI TUA KECAMATAN DELI TUA KABUPATEN DELI SERDANG T.A 2017/2018

DINIARTI, WIDYA (2018) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI CONCEPT SENTENCE MODEL FLASH CARD DI KELAS IV SD NEGERI 101800 DELI TUA KECAMATAN DELI TUA KABUPATEN DELI SERDANG T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1143111067_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1143111067_COVER.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1143111067_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1143111067_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1143111067_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1143111067_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1143111067_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1143111067_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1143111067_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1143111067_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1143111067_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1143111067_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1143111067_DAFTAR GRAFIK.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1143111067_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1143111067_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1143111067_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1143111067_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1143111067_BAB I.pdf - Published Version

Download (515kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1143111067_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1143111067_BAB V.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1143111067_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1143111067_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalahditemukan bahwasannya para siswa masih sangat rendah keinginannya untuk serius menulis disebabkan strategi atau model pembelajaran yang digunakan guru belum sesuai, kurangnya bimbingan Guru kelas dan Guru bidang studi dalam menumbuhkembangkan minat para siswa sehingga keterampilan menulis pada siswa masih kurang, hal ini terlihat bahwa para siswa masih kesulitan dalam menuangkan ide serta gagasan yang telah mereka peroleh ke dalam bentuk tulisan yang menarik karena kurang memiliki perbendaharaan kata yang memadai, terlebih karena kurang adanya kepercayaan diri dan kerja keras untuk terus
mencoba berlatih menuangkan ide dan gagasan kedalam tulisan, , serta kurang memahami bagaimana menuangkan kata-kata menjadi sebuah cerita. Salah satu yang menjadi faktor kelemahan siswa dalam menulis cerita adalah kurang termotivasi dengan strategi yang diberikan oleh guru. hal-hal inilah yang menjadi penyebab para siswa kurang berminat dalam memplajarinya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita dengan
menggunakan strategi concept sentence model flash card di kelas IV SD Negeri 101800 Deli Tua kecamatan Deli Tua kabupaten Deli Serdang T.A 2017/2018”. Subjek yang ada dalam penelitian adalah 30 siswa di kelas IV SD Negeri
101800 Deli Tua. Objek keterampilan menulis cerita, sedangkan tindakan pembelajaran menggunakan strategi concept sentence model flash card sebagai upaya guru untuk
meningkatkan keterampilan menulis cerita. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Sebelum melakukan post test di setiap siklus, maka peneliti melakukan observasi sebagai tindakan awal
untuk memperoleh hasil pre test dalam menulis cerita. Kemudian di akhir penelitian siklus I dan siklus II secara bersama melakukan penilaian terhadap observasi yakni
observasi aktivitas guru serta observasi aktivitas siswa.
Berdasarkan data yang ditemukan pada saat pretest adalah bahwasannya dari 30 orang siswa diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 6 orang siswa atau 20%
mendapatkan nilai tuntas / terampil dan sebanyak 24 orang siswa atau 80% mendapatkan nilai belum tuntas / tidak terampil dengan nilai rata-rata yaitu 55,83. Pada
siklus I terdapat sebanyak 14 orang siswa atau 53,33% mendapatkan nilai tuntas / terampil dan sebanyak 16 orang siswa atau 46,66% mendapatkan nilai tidak tuntas / tidak terampil dengan nilai rata-rata yaitu 69,17. Pada siklus II terdapat perolehan tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 27 orang siswa atau 90% mendapatkan nilai tuntas
/ terampil dan sebanyak 3 orang siswa atau 10% mendapatkan nilai tidak tuntas / tidak terampil dengan nilai rata – rata yaitu 84,17. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi concept sentence model flash card dapat meningkatakan keterampilan menulis cerita di kelas IV SD Negeri 101800 Deli Tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PGSD 364
Uncontrolled Keywords: Strategi; concept sentence
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1140 Preschool education. Nursery schools
L Education > LC Special aspects of education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 12 Apr 2019 09:20
Last Modified: 22 May 2019 07:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35208

Actions (login required)

View Item
View Item