INOVASI BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM DI SMA

AFRIDA, SRI NUR (2018) INOVASI BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4141131050 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4141131050 COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4141131050 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4141131050 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4141131050 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4141131050 PREFACE.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4141131050 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4141131050 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4141131050 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4141131050 TABLES.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4141131050 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4141131050 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4141131050 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4141131050 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4141131050 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4141131050 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4141131050 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4141131050 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 14.. NIM. 4141131050 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14.. NIM. 4141131050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) memperoleh produk bahan ajar kimia SMA
berbasis kontekstual pada materi hidrolisis garam yang sesuai dengan standar BSNP (2)
mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar menggunakan bahan ajar inovatif lebih
tinggi daripada hasil beljar yang diajar tanpa menggunakan bahan ajar inovatif.
Metodeyang digunakan adalah research and development (R and D), melalui tahapan
analisis, tahap rancangan dan tahap pengembangan. Penelitian ini diawali dengan
menganalisis tiga buku pelajaran kimia kelas X pada materi hidrolisis garam SMA, yang
meliputi satu buku kimia yang digunakan di tempat penelitian dan dua buku yang lain.
Setelah dianalisis, maka dilakukan pengembangan bahan ajar berbasis kontekstual.
Pengembangan yang dilakukan dengan melihat kekurangan dan kelebihan dan masingmasing
buku dan menambahkan aspek kontekstual di dalam bahan ajar yang
dikembangkan. Setelah dikembangkan maka diberikan kepada tiga responden yang
meliputi dua orang dosen kimia FMIPA Unimed dan satu orang guru mata pelajaran
kimia MAN 3 Medan untuk menilai kevalidan dari bahan ajar. Pengembangan bahan
ajar didasarkan pada standar BSNP, dengan hasil kelayakan isi 3,63, kelayakan bahasa
3,58 , kelayakan penyajian 3,56, dan kelayakan kegrafikan 3,72 dengan kriteria valid dan
tidak perlu revisi sehingga bahan ajar dapat diimplementasikan. Bahan ajar tersebut
diimplementasikan kepada siswa. Dengan populasi kelas XI ada dua kelas yaitu XI MIA
3 sebagi kelas eksperimen dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol dan dipilih dengan
cara purposive sampling. Sebelum dilakukan penelitian, uji instrumen tes dilakukan
terlebih dahulu sehingga didapatkan 20 soal yang valid. Soal yang telah valid diujikan
ke siswa didapat rata-rata nilai pre-test 3 3 , 2 5 dan rata-rata nilai postes adalah 79,63.
Sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas yaitu sebesar
9,49 < 11,07 pada kelas eksperimen 9,64 < 11,07 pada kelas kontrol keduanya
terdistribusi normal, hasil analisis uji normalitas pada kelas kontrol maupun eksperimen
sebesar 1,15569 < 1,582 yaitu data pada kedua kelas tersebut normal, selanjutnya hasil
uji hipotesis yakni uji pihak kanan, ttabel didapat dari tabel dengan α = 0,05 dan db=n-
1=40-1=39 yaitu 1,6671 dan t hi t u n g=2,20192 artinya peningkatan hasil
belajar yang diajar menggunakan bahan ajar inovatif lebih besar dari pada
peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan bahan
ajar reguler .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 KIM 048
Uncontrolled Keywords: INOVASI BAHAN AJAR, KONTEKSTUAL, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 11 Apr 2019 09:16
Last Modified: 20 Apr 2020 02:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34894

Actions (login required)

View Item
View Item