PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) BERBASIS BUDAYA MANDAILING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI MIN SIHADABUAN PADANGSIDIMPUAN

sofiyah, Khotna (2018) PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) BERBASIS BUDAYA MANDAILING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI MIN SIHADABUAN PADANGSIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8166181013. COVER.pdf]
Preview
Text
1. 8166181013. COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8166181013. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. 8166181013. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (941kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8166181013. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. 8166181013. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8166181013. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. 8166181013. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8166181013. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. 8166181013. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8166181013. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. 8166181013. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8166181013. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. 8166181013. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8166181013. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. 8166181013. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8166181013.  BAB I.pdf]
Preview
Text
9. 8166181013. BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. 8166181013. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. 8166181013. BAB V.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of 14. 8166181013. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. 8166181013. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (448kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pendidikan
matematika realistik berbasis budaya Mandailing (PMR-BBM) lebih baik
daripada pembelajaran biasa (PB) terhadap kemampuan pemecahan masalah
matematis dan kemandirian belajar siswa. Selain itu penelitian ini juga melihat
kesalahan yang paling dominan dilakukan siswa terhadap tahapan pemecahan
masalah matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIN Sihadabuan
Padangsidimpuan. Sampel penelitian ini adalah kelas VA dan kelas VB yang
berjumlah 66 siswa. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan
analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial Anacova dan Uji Mann
Whitney menggunakan program SPSS versi 20.0. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa pengaruh pendekatan PMR-BBM lebih baik daripada pembelajaran biasa
terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hal ini terlihat dari hasil
anacova dengan konstanta persamaan regresi untuk kelas pendekatan PMR-BBM yaitu
7,163 lebih besar daripada kelas pembelajaran biasa yaitu 4,862 serta selisih rata-rata
pretes dan postes kelas PMR-BBM yaitu 10,18 lebih besar daripada pembelajaran biasa
yaitu 6,75. Pengaruh pendekatan PMR-BBM lebih baik daripada PB terhadap
kemandirian belajar siswa, dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 serta Mean Rank kelas
PMR-BBM yaitu 41,86 lebih besar dibandingkan kelas PB yaitu 25,14. Kesalahan
memeriksa kembali jawaban merupakan yang paling dominan dilakukan siswa.
Kemudian, merencanakan penyelesaian masalah, memahami masalah dan menyelesaikan
masalah sesuai rencana. Kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa ketika mengerjakan
soal kemampuan pemecahan masalah adalah kesalahan diakibatkan kecerobohan,
kesalahan keterampilan proses, kesalahan mentransformasikan informasi dan kesalahan
dalam memahami soal.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.2 Sof p
Keywords: Matematika Realistik, Budaya Mandailing, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemandirian Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Apr 2019 03:46
Last Modified: 04 Apr 2019 03:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33636

Actions (login required)

View Item
View Item