PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMP MELALUI STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL

Harahap, Ellyana Sari (2018) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMP MELALUI STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8166172019 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8166172019 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8166172019 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8166172019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8166172019 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8166172019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8166172019 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8166172019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8166172019 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8166172019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8166172019 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8166172019 TABLES.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8166172019 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8166172019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8166172019 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8166172019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (485kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 8166172019 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 8166172019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8166172019 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8166172019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan peningkatan kemampuan
berpikir kreatif dan komunikasi matematika siswa melalui strategi relating,
experiencing, applying, cooperating, transferring (REACT) lebih baik secara
signifikan dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, (2) tidak
terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal
matematika (KAM) dalam peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa, (3)
tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal
matematika (KAM) dalam peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa.
Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMP
Negeri 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII
dengan mengambil sampel dua kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes
KAM dan tes (pretes dan postes) dengan indikator dua kemampuan sekaligus
yaitu kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematika siswa. Instrumen
tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi serta koefisien reabilitas
tinggi yaitu 0,83 pada kemampuan berpikir kreatif dan 0,77 pada kemampuan
matematika. Data dianalisis dengan uji ANAKOVA dan ANAVA dua jalur.
Sebelum digunakan uji ANAKOVA dan ANAVA dua jalur terlebih dahulu
dilakukan uji homogenitas dalam penelitian dan normalitas dalam penelitian ini
dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat
perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diberi
pembelajaran dengan menggunakan strategi REACT lebih baik dari pada
menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat dari hasil analisis
kovarians (ANAKOVA) untuk F hitung 69.18 lebih besar dari F tabel 4,00.
Konstanta persamaan regresi untuk pembelajaran REACT yaitu 8,297 lebih besar
dari pembelajaran konvensional yaitu 6,192 (2) terdapat perbedaan peningkatan
kemampuan komunikasi matematika siswa yang diberi pembelajaran dengan
menggunakan strategi REACT lebih baik dari pada menggunakan pembelajaran
konvensional. Hal ini terlihat dari hasil analisis kovarians (ANAKOVA) untuk F
hitung 74.57 lebih besar dari F tabel 4,00. Konstanta persamaan regresi untuk
pembelajaran REACT yaitu 53.50 lebih besar dari pembelajaran konvensional
yaitu 35,14 (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan
kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan berpikir
kreatif Siswa (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan
kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan
komunikasi matematika siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Har p
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif, Komunikasi Matematis, Strategi REACT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC71 Education and the state
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Mar 2019 08:28
Last Modified: 15 Mar 2019 08:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33567

Actions (login required)

View Item
View Item