PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SQ3R DI SMP HARAPAN MANDIRI MEDAN

Eviyanti, Liza (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SQ3R DI SMP HARAPAN MANDIRI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1-081188830032 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1-081188830032 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 2-081188830032 Abstrak.pdf]
Preview
Text
2-081188830032 Abstrak.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 3-081188830032 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
3-081188830032 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 4-081188830032 Bab I.pdf]
Preview
Text
4-081188830032 Bab I.pdf - Published Version

Download (750kB) | Preview
[thumbnail of 5-081188830032 Bab V.pdf]
Preview
Text
5-081188830032 Bab V.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview
[thumbnail of 6-081188830032 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
6-081188830032 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan sebagai upaya untuk menemukan apakah penerapan strategi pembelajaran SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah tiga puluh sembilan siswa kelas VIII dan dibantu oleh dua orang partisipan.Pengumpulan data dilakukan dengan: 1) tes tertulis untuk hasil belajar, 2) wawancara untuk memperoleh tanggapan guru dan siswa tentang strategi pembelajaran yang diterapkan, dan 3) observasi dilakukan pada setiap tindakan untuk memperoleh data tentang aktivitas guru dan siswa yang berkembang selama pembelajaran berlangsung. Pengolahan data dilakukan dengan analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan: 1) pembelajaran pada siklus pertama secara proses maupun hasil tidak menunjukkan peningkatan hasil belajar dengan rata-rata (58,07%), 2) pembelajaran pada siklus kedua berdasarkan proses dan hasil menunjukkan hasil belajar dengan rata-rata (73,37%).Berdasarkan hasil temuan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode SQ3R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dan membuat siswa lebih aktif belajar sendiri. Implikasinya diharapkan guru-guru dapat menerapkan metode pembelajaran SQ3R, tetapi penerapannya membutuhkan pengembangan dan inovasi. Disarankan guru-guru seharusnya mencoba menerapkan metode pembelajaran SQ3R untuk materi pengajaran yang lebih mendalam.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.236 Evi p
Uncontrolled Keywords: Penelitian; Membaca; Pemahaman
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 16 May 2016 02:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3337

Actions (login required)

View Item
View Item